Bukan rahasia lagi, media sosial kini jadi sesuatu yang wajib digunakan untuk membangun bisnis #HaloKawan! Apalagi media sosial paling baru dan digandrungi saat ini yaitu TikTok. Berdasarkan laporan Databoks, pengguna TikTok di seluruh dunia sudah mencapai 1,05 miliar orang per Januari 2023, dan 109,9 juta atau 10 persen pengguna TikTok di antaranya adalah orang Indonesia.

Dalam membuat konten TikTok, tentunya kamu perlu fokus pada konten yang singkat, padat, dan jelas, serta menarik perhatian pada 2 detik pertama agar brand kamu mudah diingat penonton. Namun, trial and error saja tak cukup, kamu perlu tahu data-data konkret dari video yang telah #HaloKawan rilis untuk mengetahui performanya agar bisa melakukan review dan menciptakan strategi content marketing yang lebih apik!

Untuk kamu para business owner, TikTok menyediakan fitur TikTok Business yang memberikan data analitik performa semua konten kamu. Di sana kamu bisa melihat performa keseluruhan profil lewat “TikTok Account Overview”, analis per post lewat tab “Content”, analisis penonton kamu (waktu posting terbaik, gender, lokasi) lewat tab “Followers”, dan analitik live TikTok di tab “Live”.

Baca Juga: Tingkatkan Penjualan Live TikTok di 2023 dengan 5 Tips Ini!

Meskipun TikTok sudah punya analytics tool bawaan, nggak ada salahnya untuk #HaloKawan memakai analytics tools TikTok dari pihak ketiga. Biasanya tampilan data mereka bisa lebih sederhana, bisa diotak-atik secara detail, dan bisa memberikan insight lebih untuk keputusan strategi marketing ke depannya. Yuk simak 5 rekomendasi tools TikTok terbaik untuk business owner!

5 Rekomendasi Tools TikTok Terbaik

1. Keyhole

TikTok Analytics Keyhole
Sumber: Keyhole

Keyhole adalah salah satu tool TikTok pihak ketiga yang paling menyeluruh, utamanya untuk mengotomasi laporan media sosial secara cepat. Mulai dari mengidentifikasi top posts, sampai analisis kompetitor di TikTok, Keyhole juga memberikan rekomendasi strategi marketing untuk meningkatkan engagement.

2. Socialinsider

TikTok Analytics Socialinsider
Sumber: Socialinsider

Kedua, adalah Socialinsider yang berguna untuk brand #HaloKawan jika ingin melakukan competitive benchmarking, atau menganalisis TikTok kompetitor secara detail. Selain TikTok, Socialinsider juga bisa memberikan analitik untuk Facebook dan Instagram. Kamu bisa memanfaatkan free trial selama 14 hari sebelum berlangganan.

3. Brand24

TikTok Analytics Brand24
Sumber: Keyhole

Yang ketiga adalah Brand24. Tool satu ini bisa memberikan laporan data yang tidak diberikan TikTok Analytics dari TikTok Business, yaitu melaporkan mention, volume diskusi, dan engagement reach serta sentimen emosi obrolan audiens tentang brand kamu Alias, social listening.

Brand24 ini bisa jadi tool tepat untuk #HaloKawan business owner yang ingin meningkatkan brand awareness dan membangun social media presence di TikTok dengan social listening. Selain itu, Brand24 juga punya tool influencer scoring yang bisa bantu kamu memilih influencer sesuai dengan niche brand kamu untuk diajak kerjasama. Namun, Brand24 ini belum termasuk tools untuk social media management, serta perlu mengeluarkan ongkos untuk menggunakannya.

4. Analisa.io

TikTok Analytics Analisa.io
Sumber: Analisa.io

Keempat, Analisa.io. Tool ini termasuk yang terlengkap, paling detail, dan user friendly yang ada di pasaran. Tool terbaik yang diberikan Analisa.io adalah analisis top posts secara detail. Jadi, #HaloKawan bisa melihat top performing posts kamu sehingga tahu konten seperti apa yang direspons paling baik oleh audiens kamu.

Dengan free plan, kamu bisa mendapatkan metrik views, likes, comments, engagement rate, dan sebagainya. Kalau bersedia berlangganan, #HaloKawan bisa mengakses analisis hashtag, demografi follower, reporting features, serta authenticity analytics agar laporan data TikTok kamu semakin menyeluruh dengan harga 69 dolar per bulan. Selain itu, Analisa.io juga bisa dipakai untuk Instagram, lho!

Analisa.io jadi salah satu analytic tools TikTok yang digunakan para KOL specialist untuk memilih KOL yang cocok untuk brand, lho. Kalau kamu penasaran cara pemilihan KOL-mu, Halokarier mengadakan kelas khusus tentang memahami TikTok dari sudut pandang kreator dan brand pada 16 dan 23 Juni 2023.

5. Trendtok

TikTok Analytics Trendtok
Sumber: Keyhole

Aplikasi tool TikTok satu ini cocok banget untuk #HaloKawan yang berprofesi sebagai content creator. TrendTok merangkum tren topik dan sound yang sedang naik di TikTok sesuai niche dan lokasi kamu. Sehingga, tidak perlu lagi #HaloKawan susah-susah buka tab “Discover” dan melihat satu-satu hashtag dan sound yang sedang viral.

Tool TikTok yang menggunakan AI ini gratis diunduh. Namun, untuk memakainya kamu perlu berlangganan setidaknya 4 dolar untuk seminggu, sudah termasuk semua fitur yang disediakan TrendTok.

Itu dia 5 rekomendasi tool analitik TikTok dari MinKa yang wajib kamu coba! Bila tulisan ini bermanfaat untuk kamu dan ingin mengetahui lebih banyak tentang brand news, marketing tips, dan social media updates, jangan lupa untuk ikuti terus HalokaTalks!


Ditulis oleh: Dimas Prasetyo

Disunting oleh: Stephanie Regina, Deborah Patricia, Gracia Yolanda Putri

Sumber: