Coba MinKa tanya, brand mana yang tidak mau tap in di TikTok? Platform media sosial ini digunakan oleh 1 miliar orang setiap bulannya, dan jadi aplikasi yang paling banyak diunduh pada 2020.

Lewat mengunggah konten brand, TikTok punya potensi besar untuk membantu menggaet lead customer baru. Salah satu cara brand kamu bisa memaksimalkan tap in di TikTok adalah lewat memasang Ads atau iklan!

TikTok Ads adalah fitur beriklan dari TikTok yang memudahkan brand untuk menjangkau customer/ pengguna TikTok di seluruh dunia. Biasanya, bentuk TikTok Ads ini berupa foto atau video yang ditempatkan di feeds FYP, halaman Detail, Post-roll, dan Story.  #HaloKawan tinggal pilih mau meletakkan ads kamu di mana, sesuai dengan ketentuan Placement TikTok.

Kalau tertarik berlangganan, #HaloKawan bisa mulai pasang TikTok Ads lewat TikTok Ads Manager! Cara pendaftarannya juga mudah. Cukup LogIn akun dan buat akun pengiklan, masukkan kriteria objektif iklan, buat iklannya langsung dengan templat yang ada atau submit video kamu sendiri, lalu terpasang deh!

Lebih lanjut, MinKa paparkan manfaat penggunaan TikTok Ads untuk #HaloKawan sebelum spill 3 tips yang harus kamu lakukan saat memasang TikTok Ads! Simak di bawah ini.

Manfaat Penggunaan TikTok Ads

1. Meningkatkan reach dan engagement

TikTok punya base user yang benar-benar beragam, dijamin target audiens kamu pasti ada sesuai dengan objektif campaign yang mau kamu capai. Kekuatan base user inilah yang membuat campaign kamu berpotensi mendapatkan reach dan engagement yang efektif.  

2. Kemudahan format dan alat campaign

Brand perlu membuat iklan dengan format yang kreatif agar user TikTok tertarik untuk menonton sampai akhir. TikTok Ads Manager memberikan kemudahan dengan templat format TikTok Ad yang sudah tersedia untuk kamu dengan Video Creation Kit!

Tidak hanya memberikan templat, TikTok Ads Manager sampai memberikan fitur Automated Creative Optimization yang bisa bantu brand mengoptimisasi setiap tahap pembuatan campaign/iklan mulai dari produksi, distribusi, sampai menambah jangkauan.  

3. Mampu menargetkan audiens secara spesifik

TikTok Ads Manager memungkinkan brand untuk menarget audiens dengan spesifik menggunakan filter gender, lokasi, umur, interests serta variabel unik lainnya.

Kalau belum menemukan target audiens juga, TikTok memperbolehkan brand membuat Custom Audiences dan Lookalike Audiences untuk menjangkau user yang benar-benar mirip dengan customer brand kamu saat ini.

4. Mengetahui analytics performa campaign

TikTok juga memberikan hasil analytics performa campaign dengan tampilan dashboard yang mudah dimengerti. Lewat fitur TikTok Pixel, kamu bisa mengetahui hasil marketing campaign kamu sampai memahami behavior para user target audiens.

Buat #HaloKawan yang mau mulai beriklan, berikut MinKa jabarkan tips beriklan langsung dari TikTok Ads Manager yang dipublikasikan pada awal Agustus 2023.

1. Tentukan objektif campaign

Apa yang #HaloKawan ingin audiens lakukan setelah melihat iklan kamu? Mengunjungi website? Membeli produk? Atau sekadar ingin meningkatkan kemungkinan produk kamu dilihat calon konsumen? TikTok Ads memberikan pilihan tujuan campaign: Awareness, Consideration, dan Conversion.

Awareness dipilih jika kamu bertujuan meningkatkan reach konten kamu. Nanti TikTok akan memberikan campaign kamu untuk dilihat kepada sebanyak mungkin akun TikTok.

Consideration dipilih jika kamu ingin meningkatkan lead customer, meningkatkan traffic konsumen berkunjung website produk, dan meningkatkan followers/ profile visit.

Conversion dipilih jika campaign kamu bertujuan untuk mendorong audiens untuk engage dengan produk dan mendorong penjualan produk.

2. Objektif mana yang cocok untuk campaign kamu?

TikTok mengajak para pengiklan untuk mengevaluasi lagi objektif apa yang cocok untuk campaign brand dengan beberapa poin berikut:

  • Apa tujuan bisnis kamu? Identifikasikan objektif TikTok Ads yang paling cocok dengan tujuan bisnis.
  • Pertimbangkan customer journey audiens kamu untuk menentukan objektif TikTok Ads. Bila kebanyakan customer kamu ada di tahap consideration, tujuan TikTok Ads kamu bisa mengarah ke conversion untuk melanjutkan.
  • Video campaign yang menunjukkan brand personality dapat meningkatkan views dan menyampaikan unique selling point dengan efektif.
  • Bila ingin brand kamu jadi top of mind, utamakan objektif awareness/reach untuk TikTok Ads kamu.
  • Bagi yang baru memulai brand, objektif awareness dan consideration lebih dianjurkan.

3. Tentukan budget

Jangan lupa tentukan budget yang sesuai kemampuan brand kamu. Campaign budget di sini berarti harga spesifik yang rela kamu bayar untuk menjalankan iklan selama periode waktu tertentu.

TikTok punya 3 pilihan dasar budget campaign sesuai periodenya, yaitu Daily Budget, Lifetime Budget, dan No Limit.

Daily Budget adalah harga maksimum yang dibayar untuk menjalankan campaign kamu per hari. Harga minimum untuk opsi Daily Budget adalah USD 50, atau setara dengan Rp 760 ribu di level campaign.

Lifetime Budget adalah harga maksimum yang dibayar untuk menjalankan campaign kamu selama periode tertentu. Opsi ini membutuhkan budget minimum USD 20 atau setara dengan Rp 300 ribu di level ad group.

Sementara itu opsi No Limit memungkinkan TikTok untuk menjalankan campaign kamu semaksimal mungkin tanpa batasan harga.

TikTok juga memberikan beberapa contoh sampel implementasi tips mereka pada TikTok Ads. Berikut contohnya:

Contoh implementasi tips TikTok Ads Manager.
Contoh implementasi tips TikTok Ads Manager.
Sumber: TikTok Business

Bila artikel ini bermanfaat, jangan segan bagikan kepada sesamamu, ya! Ikuti terus HalokaTalks untuk selalu update tentang brand news, marketing tips, dan social media updates!


Penulis: Gracia Yolanda Putri

Penyunting: Deborah Patricia

Sumber: