#HaloKawan tahu ga kalau Indonesia menjadi negara terbesar kedua dengan jumlah pengguna TikTok terbanyak di dunia setelah Amerika Serikat? Per Januari 2023, dilansir dari Databoks, Indonesia memiliki 109,9 juta pengguna aktif TikTok dan jumlah ini berhasil menjadikan Indonesia berada di peringkat kedua terbesar di dunia loh #HaloKawan. Prediksinya TikTok akan mendominasi pertumbuhan media sosial kedepannya. Nah untuk para business owner data ini bisa menjadi peluang untuk membangun brand dengan menggunakan  media sosial TikTok nih.

Source: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/27/indonesia-sabet-posisi-kedua-sebagai-negara-pengguna-tiktok-terbanyak-di-dunia-pada-awal-2023
Source: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/27/indonesia-sabet-posisi-kedua-sebagai-negara-pengguna-tiktok-terbanyak-di-dunia-pada-awal-2023

Pengguna TikTok berasal dari usia yang beragam mulai dari remaja, muda, hingga dewasa. Awalnya aplikasi ini digunakan hanya sekedar menjadi media hiburan penggunanya saja, namun berjalannya waktu fungsi media sosial TikTok mulai terus meluas. Tidak hanya sebagai sarana hiburan, kini TikTok digunakan sebagai ladang mencari cuan.

Konten kreator, pebisnis, start up, hingga company perlahan-lahan mulai ikut menggunakan TikTok untuk mencapai goals yang dimiliki, misalnya menumbuhkan awareness, memperluas target audiens, hingga sebagai media untuk meningkatkan sales. Jadi pastinya ga aneh lagi nih kalau di TikTok banyak video-video promosi dari brand A, B, atau C. Memang saat ini peluang yang tepat untuk menggunakan TikTok sebagai media pemasaran #HaloKawan.

Eits tapi sebelum itu, #HaloKawan udah tau belum nih algoritma terbaru TikTok di tahun 2023 ini? Penting banget loh untuk tahu algoritmanya supaya video konten #HaloKawan bisa memiliki engagement yang besar dan tepat sasaran sehingga bisa mencapai goals-goals #HaloKawan. Langsung kita cek apakah #HaloKawan sudah memperhatikan hal-hal di bawah ini yuk!

Terbaru, Cara Kerja Algoritma TikTok 2023

  1. Interaksi Pengguna
    Konten video yang memiliki interaksi positif akan menjadi peluang besar untuk konten #HaloKawan dimunculkan ke pengguna lainnya. Ketika konten video #HaloKawan telah diunggah, algoritma TikTok akan menampilkan video #HaloKawan kepada sekelompok audiens yang memiliki hubungan dengan #HaloKawan, seperti followers. Kemudian ketika konten video yang telah ditonton sebelumnya memiliki interaksi yang positif maka akan memiliki kemungkinan konten video #HaloKawan viral atau masuk FYP. Interaksi positif dapat dinilai dari tanda suka, komentar, share, dan konten video ditonton hingga akhir.
  2. Konsisten Unggah Konten Video
    Faktor kedua yang perlu diketahui adalah, #HaloKawan wajib bangetn nih punya content planning untuk mengatur pengunggahan konten video #HaloKawan. Konsisten dalam mengunggah konten video akan membantu konten #HaloKawan dikenal oleh algoritma TikTok sehingga konten video #HaloKawan bisa mendapatkan views dan jangkauan yang luas. Content planning bisa membantu #HaloKawan untuk memiliki penjadwalan yang rapi, sehingga #HaloKawan memiliki alur atau proses yang jelas.
  3. Informasi Video
    Informasi yang ada pada konten video menjadi faktor yang tidak kalah penting untuk membuat konten video #HaloKawan masuk FYP. TikTok akan mengkategorikan konten-konten video sesuai dengan minat penggunanya. Jadi penting banget nih untuk #HaloKawan mengerti apa yang disukai atau diinginkan oleh target audiens #HaloKawan, sehingga TikTok bisa membantu membuat konten video #HaloKawan dilihat oleh pengguna lainnya. #HaloKawan perlu memperhatikan kata kunci teks yang jelas dan sesuai dengan konten, audio yang jernih agar dapat didengar dengan jelas, dan tagar yang sesuai dengan konten video.
  4. Setting Lokasi & Bahasa
    Faktor keempat yang bisa mempengaruhi konten #HaloKawan masuk FYP adalah pengaturan akun seperti lokasi dan bahasa. Algoritma TikTok biasanya akan lebih menampilkan konten video yang berasal dari lokasi yang sama atau daerah yang sama. Itu mengapa kalau melihat FYP TikTok, jarang sekali terdapat konten video dari konten kreator negara luar. Walaupun lokasi merupakan variabel kecil untuk membuat konten video #HaloKawan masuk FYP, namun tanpa disangka-sangka pengguna TikTok lainnya akan melihat konten-konten video yang diunggah paling dekat dengan mereka.
  5. Audio
    Ternyata membuat konten dengan menggunakan audio atau musik yang tren bisa membantu konten video #HaloKawan masuk di For You Page (FYP). Algoritma TikTok akan lebih memunculkan sesuatu yang memiliki banyak interaksi atau minat. Nah ketika #Halokawan menggunakan audio yang viral, TikTok akan mengkategorikan konten #HaloKawan dan menyajikannya ke audiens yang sesuai atau relevan. Pastinya kalau scroll TikTok akan selalu ada musik atau audio yang ramai digunakan kan #HaloKawan, nah cara ini bisa #HaloKawan gunakan untuk menggabungkan dengan konten #HaloKawan. Jadi penting banget nih untuk update terus hal-hal baru di TikTok setiap harinya.

Nah itu dia #HaloKawan mengenai cara kerja algoritma TikTok di tahun 2023, gimana #HaloKawan sudah memperhatikan faktor-faktor di atas belum nih? Yuk lebih dalam lagi belajar dan mengenal aplikasi TikTok dengan online course dari Haloka Talks. Kunjungi website haloka dan temukan jawabannya ya #HaloKawan.


Written by: Catherine Presilia Gunawan

Source:

  1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/02/27/indonesia-sabet-posisi-kedua-sebagai-negara-pengguna-tiktok-terbanyak-di-dunia-pada-awal-2023
  2. https://later.com/blog/tiktok-algorithm/
  3. https://blog.wishpond.com/post/115675438333/tiktok-algorithm