Mendengar kata Coachella, apa sih yang #HaloKawan pikirkan? Penampilan banyak musisi dunia dalam satu panggung? Sebuah festival musik dan seni yang ramai dibincangkan di Amerika? Keduanya sudah benar, namun, selain banyaknya penampilan musisi dunia, banyak juga brand yang unjuk kreativitas brand activation-nya di Coachella untuk memikat pengunjung yang datang. Kali ini MinKa mau bahas brand yang berkolaborasi di acara Coachella dengan brand activation mereka yang unik dan menarik. Penasaran? Yuk simak!

The Coachella Valley Music and Arts Festival atau yang populer dikenal dengan Coachella adalah sebuah festival musik dan seni tahunan yang diadakan di California, tepatnya di Empire Polo Club, Indio. Diadakan sejak 1999, Coachella sudah menghadirkan ratusan musisi dunia tiap tahunnya yang dinantikan para fans masing-masing. Tahun ini, Coachella diadakan pada tanggal 14-16 dan 21-23 April 2023 dengan lebih dari 150 musisi yang tampil di mana Bad Bunny, BLACKPINK, dan Frank Ocean menjadi sorotan utamanya.

Festival musik tentunya menjadi hal utama yang dilihat di Coachella, tapi #HaloKawan tahu nggak kalau di Coachella gak cuma ada musisi yang tampilin karyanya? Banyak brand yang juga unjuk kreativitas dalam meramaikan Coachella melalui kegiatan brand activation masing-masing brand.

Brand activation sendiri adalah sebuah strategi suatu brand untuk membuat koneksi emosional dengan audiensnya melalui acara, pengalaman, ataupun interaksi yang brand buat. Nah, dalam acara Coachella inilah brand yang sudah berkolaborasi melancarkan beragam aksi unik dan menarik kepada audiens yang datang ke Coachella. Tujuan dari brand activation ini juga beragam, mulai dari meningkatkan brand awareness sampai dengan mendapatkan customer acquisition.

Kali ini MinKa mau kasih tahu beberapa brand yang punya konsep brand activation yang unik dan menarik di Coachella 2023. Apa saja ya?

1.Interscope Coachella dengan Brand Activation Private Party

Source: https://resident.com/2023/04/26/interscope-records-coachella-party/
Source: https://resident.com/2023/04/26/interscope-records-coachella-party/

Dengan lingkungan kota Indio yang dikelilingi padang pasir, label rekaman Interscope sebagai brand kolaborasi Coachella di tahun lalu kembali menghadirkan acara private party di mana pengunjung disuguhi hidangan sandwich dari Turkey and the Wolf, tequila dan vitaminwater dari PATRÓN EL ALTO, serta acara giveaway dari Pringles dan America Express di pinggir kolam renang.

Kilas balik dalam acara Coachella tahun-tahun sebelumnya, konsep party ini juga diadakan oleh McDonald dan Chevrolet loh, tepatnya pool party . Dalam kolaborasi ini, para pengunjung Coachella disuguhi hidangan dari McDonald selama acara berlangsung dan mereka juga dapat mencoba test drive mobil dari Chevrolet loh.

Dari brand activation tersebut, audiens dapat merasakan langsung pengalaman mencoba produk yang mereka jual. Dari pengalaman tersebut, brand dapat memperluas awareness dari produk dan brand mereka sendiri karena mendapat interaksi antara audiens dan brand.

2.Instalasi Berbunga dalam Brand Activation Adidas dan Bad Bunny

Source: https://snkrdunk.com/en/magazine/2023/04/14/bad-bunny-adidas-coachella-experience-details/
Source: https://snkrdunk.com/en/magazine/2023/04/14/bad-bunny-adidas-coachella-experience-details/

Sebagai partner kolaborasi Bad Bunny, musisi sorotan utama di Coachella, Adidas juga membuat brand activation yang menarik. Instalasi eksterior raksasa yang dibentuk dengan 50.000 bunga hidup menghiasi semua sudut ruangan yang dibuat menjadi warna-warni. Tak lupa juga didalamnya, ditempel logo Adidas yang berdampingan dengan logo Bad Bunny serta promosi sneakers baru Adidas melalui sepatu-sepatu yang menggantung.

Dari sini, pengunjung dapat lebih mengetahui produk baru apa yang sedang dirilis namun dengan pengalaman yang mengesankan.

3.Brand Activation dengan Pengalaman Sensorik dari Produk Neutrogena

Source: https://www.instagram.com/neutrogena/
Source: https://www.instagram.com/neutrogena/

Sebagai sponsor resmi skincare di Coachella 2023, Neutrogena menghadirkan pengalaman unik kepada pengunjung dengan menyediakan sunscreen dispensers berisi 1700 ons sunscreen untuk pengunjung Coachella.

Selain itu, Neutrogena juga membuat pengalaman sensorik yang menyorot formulasi produk mereka kepada pengunjung agar lebih mengenal dan mengingat produk yang dibuat oleh Neutrogena. Neutrogena juga membuat instalasi dalam 3 zona yang masing-masing menampilkan product placement yang pas bagi para pengunjung untuk mengingat brand Neutrogena.

4.Campground Mewah ‘Desert Dream’ dari Kolaborasi Brand Activation Hyatt Hotel Dream Holywood dan Beragam Brand

Source: https://www.travelagentcentral.com/hotels/dream-hollywood-debut-coachella-luxury-experience-2023
Source: https://www.travelagentcentral.com/hotels/dream-hollywood-debut-coachella-luxury-experience-2023

Hyatt Hotel Dream Holywood juga gak mau kalah dalam membuat brand activation-nya. Berkolaborasi dengan brand June dan insinyur SpaceX dan Tesla, dibuatlah sebuah akomodasi campground mewah dengan nama Desert Dream.

Di dalamnya terdapat matras dengan teknologi memory foam dari June serta pengaturan temperatur, sumber energi yang ramah lingkungan diinstalasi oleh tim SpaceX dan Tesla membuat pengalaman pengunjung di Desert Dream ini terasa nyaman dan menyenangkan. Terdapat juga area parkir, shower, dan WiFi yang disediakan oleh Starlink.

Selanjutnya, audiens yang sudah mencoba bisa jadi mengingat produk apa saja yang sudah dicoba dan membuat mereka nyaman sehingga membuat peluang untuk produk tersebut mendapat awareness yang baik.

5.Bepergian ke Brand Activation ‘Knowhere’ dalam Promosi Guardian of the Galaxy’s Milik Marvel Studio

Source: https://www.instagram.com/iheartcomix/?hl=en
Source: https://www.instagram.com/iheartcomix/?hl=en

Berdekatan dengan rilisnya film terbaru dari Marvel Studio, Guardian of the Galaxy’s 3. Marvel Studio memanfaatkan momen Coachella ini sebagai ajang promosi dengan dibuat instalasi brand activation bernama Knowhere. Asal muasal Knowhere pernah disebutkan dalam filmnya sebagai sebuah tempat yang terdapat bongkahan kepala Celestial dan juga sebagai jembatan interdimentional.

Namun tenang saja, instalasi yang dibuat tidak membuat pengunjung pergi ke Knowhere. Pengunjung akan disuguhi instalasi interior dalam pesawat luar angkasa yang mana di dalamnya terdapat banyak aktivitas yang membuat pengunjung terutama fans Marvel Studio senang seperti adanya exclusive giveaway seputar Guardian of the Galaxy’s. Dari sini, brand activation pun dapat dibuat sebagai satu cara untuk mempromosikan produk baru yang akan dirilis oleh brand.

Masih banyak sekali brand lainnya yang hadir di Coachella 2023 dan membawa kreativitas yang mengagumkan dalam membuat brand activation masing-masing. Seperti yang MinKa kasih tahu sebelumnya, tujuan brand melakukan brand activation pada dasarnya untuk dapat terus diingat oleh para pelanggannya dan lebih baik lagi jika dapat menjangkau banyak konsumen baru. Dalam pengaplikasian brand activation juga, brand harus terus berinovasi dan kreatif untuk mengeluarkan ide product showcase mereka agar audiens tidak merasa bosan dan hanya melihat-lihat brand tersebut tanpa meninggalkan kesan mendalam. Sekarang, menurut #HaloKawan, brand mana nih yang paling unik dan berkesan di Coachella 2023?

Baca Juga: Kolaborasi Dengan Red Velvet, Brand Kosmetik Azarine Luncurkan Make Up Series

Semoga konten ini bisa bermanfaat buat #HaloKawan dan kedepannya MinKa pasti akan selalu ngasih banyak info-info bermanfaat lainnya seputar Brand News, Marketing Tips, dan Social Media Updates. Terakhir, #HaloKawan jangan lupa untuk share tulisan ini ke temen-temen yang lain ya!

Tak ketinggalan, MinKa punya sesuatu yang gak kalah menarik nih. Buat #HaloKawan yang sedang membangun bisinis, #HaloKawan bisa banget nyari tahu lebih dalam tentang gimana membangun branding fundamental dalam brand rintisan #HaloKawan dengan klik dan enroll modul Branding Fundamental for SMEs klik di sini ya!


Written by : Indra Kurniawan

Source :

  1. https://www.bizbash.com/production-strategy/experiential-marketing-activations-sponsorships/media-gallery/22833661/top-events-and-brand-activations-from-coachella-2023
  2. https://www.marketingsociety.com/the-library/top-4-brand-experiences-coachella-festival
  3. https://blog.hubspot.com/marketing/brand-activation
  4. https://coachella.com/
  5. https://www.travelagentcentral.com/hotels/dream-hollywood-debut-coachella-luxury-experience-2023