Siapa sih yang enggak tau Vincent dan Desta? Emang duo komedi ini lagi booming karena membuat inovasi olahraga yang dipadukan dengan entertainment, yaitu Sportainment! Vindes Sport ini jadi kanal baru untuk audiens Vincent dan Desta yang suka olahraga.

Vindes Sport baru-baru ini mengadakan event sportainment lagi yang bertajuk Bahkan Voli pada Sabtu 26/08/23 di Mahaka Square, Kelapa Gading. Acara tersebut mengundang The Prediksi, para pelawak yang menjadi geng motor dan The Actors, para aktor untuk bertanding pada cabang olahraga voli.

“Bahkan Voli” bahkan berhasil menari hingga 3.000.000+ penonton di Youtube dan 3.500 penonton di Mahaka Square. Ada enggak nih #HaloKawan yang nonton secara langsung kemarin?

"Vindes terus berusaha meningkatkan skala event kami yang untuk pertama kalinya menyajikan cabang olahraga beregu dengan menghadirkan 26 nama besar di Indonesia untuk terlibat dalam Bahkan Voli," kata CEO Vindes Media, Deddy Mahendra Desta pada Sabtu 26/08/23, dikutip dari Bolasport.

Sebenarnya apa yang membuat event sportainment seperti ini sangat digemari masyarakat Indonesia? Yuk, intip strategi unik yang mereka gunakan untuk bikin event sportainment ini jadi sukses!

Perjalanan Vindes Sport

Vindes Sport Olahraga Jadi Sportainment
Sumber: Instagram.com/@vindes.ig

Vincent dan Desta membuka lembaran baru dalam dunia olahraga dan hiburan dengan sportainment. Acara Vindes Sport pertama merupakan pertandingan pingpong antara Onad dan Desta pada Februari 2022. Acara ini menuai antusias yang besar dari warganet.

Pada Juli 2022, Vindes Sport kembali meluncurkan “Tepok Bulu”, yaitu pertandingan badminton antara  Vincent dan Valentino Jebret. Tak lama setelahnya, Vindes Sport juga  meluncurkan “Tiba-Tiba Tenis”, pertandingan tenis yang berkolaborasi dengan Raffi Ahmad.

CEO Vindes Media Vincent Rompies berharap bahwa acara ini dapat mengajak anak muda untuk rajin berolahraga

"Vindes Sport dibuat dari Pingpong, kemudian dengan Tepok Bulu, lebih besar lagi akhirnya sekarang Tiba Tiba Tenis, kita pengen bikin olahraga untuk sportainment, menjembatani antara olahraga dan pop culture, dan bisa diikuti banyak orang, memotivasi anak-anak remaja, yuk olahraga, ada lagi bibit baru, kita nggak tahu ke depan ada atlet, yang kalau ditarik ke belakang karena nonton Vindes Sport," tuturnya pada Selasa, 08/11/22 dikutip dari Grid.ID.

Sportainment, Konsep Hiburan yang Sedang Booming di Indonesia

Vindes Sport Olahraga Jadi Sportainment
Sumber: Instagram.com/@vindes.ig

Olahraga sebenarnya sudah lama jadi salah satu tiang utama dalam industri hiburan, tidak hanya sebatas pada perayaan pertandingan saja. Namun, konsep olahraga dalam hiburan semakin mendapatkan banyak perhatian dalam beberapa tahun terakhir. Alhasil, sportainment kembali booming di Indonesia.

Sportainment adalah bentuk dimensi baru dari budaya olahraga di abad dua puluh satu. Sportainment merupakan bentuk kolaborasi dari kegiatan olahraga (sport) dengan dunia hiburan (entertainment). Olahraga bergabung dengan dunia hiburan sehingga menciptakan definisi baru pada bentuk pemasaran olahraga, itulah sportainment.

Perbedaan sportainment dengan olahraga biasanya adalah pada bentuk pemasaran dan teknik periklanan untuk memaksimalkan pasar penonton, engagement, dan reach. Sportainment melampaui bidang konvensional olahraga yang sudah terbentuk sebelumnya.

Strategi Marketing Vindes Sport dalam Memanfaatkan Penggemar

Menurut Pakar Marketing dan Konsultan Bisnis Yuswohandy dalam SWA Online, Vindes menggunakan strategi FOMO (Fear Of Missing Out) Marketing dalam membuat setiap event sportainment. FOMO memanfaatkan rasa takut ketinggalan para penonton sehingga banyak yang terpancing untuk menyimak event sportainment ini.

Vindes menggandeng artis-artis ternama ketika membuat event sportainment sehingga dapat memanfaatkan fanbase penggemar yang takut ketinggalan. Para penggemar cenderung ingin mengikuti apa yang dilakukan oleh idola mereka.

Selain itu, Vindes juga melancarkan gimmick marketing di media sosial yang mengundang rasa penasaran warganet seperti di bawah ini contohnya.

Uniknya, Vindes Sport bahkan dapat membuat audiens menyesuaikan mereka. Para penonton sportainment Vindes sangat antusias, selain itu Vindes Sport juga melibatkan mereka dalam setiap eventnya. Vindes Saker mampu mengimbau dresscode untuk setiap pengunjung yang datang lho, #HaloKawan!

Vindes Sport mengimbau dresscode para penonton "Bahkan Voli".
Sumber: Instagram.com/vindes.ig

Sepertinya sulit ya membuat event sportainment yang dihujani para bintang terkenal. Tapi jangan khawatir, #HaloKawan juga bisa melancarkan event sportainment dengan beberapa strategi yang bisa dipelajari dari Vindes Sport berikut ini!

1. Menentukan Brand Identity dan Tone

Ketika membuat rangkaian event, perlu ditentukan bagaimana brand identity yang unik. Tentukan juga bagaimana kita ingin dikenal oleh audiens kita melalui brand tone. Sesuaikan sama logo, gaya bahasa copywriting, desain dan bagaimana visual lainnya.

Coba mari kita tengok brand identitiy dan tone yang dipakai Vindes Sport, yuk!

Keunikan dari Vindes Sport terletak dari gaya bahasa copywriting mereka, muncul kalimat seperti “Tiba-Tiba Tenis” hingga “Bahkan Voli”. Tak jarang mereka menggunakan kalimat terbalik seperti “Dibalik Behind” atau singkatan seperti “Dokamikumen”.

Brand Identity yang dibawa oleh Vindes terlebih dalam Vindes Sport menggunakan jenis color palette dan font yang berbeda-beda. Namun itu justru menjadi keunikan mereka yaitu perbedaan yang terlihat signifikan pada setiap eventnya.

2. Fan Experience

Customer experience lebih daripada brand itu sendiri. #HaloKawan  dapat mengundang talent atau artis yang sedang viral yang relate dengan olahraga yang kalian angkat. Hal ini bisa membangkitkan para fans untuk terlibat.

Jangan lupa juga berikan fasilitas dan experience yang memadai agar para fans bisa menikmati momen dengan idola mereka. Aspek ini bisa menghubungkan interaksi antara penonton (fans) dengan brand secara alami, sehingga mereka mengingat brand kamu melalui experience yang positif.

3. Segmentasi Audiens

Tentukan siapa audiens yang ingin kalian tuju. Misalnya generasi Z, lalu melek teknologi dan menyukai olahraga. Hal ini memudahkan kalian dalam melihat minat audiens yang dituju sehingga dapat menciptakan event sportainment menggunakan konsep, teknis, dan marketing yang sesuai dengan audiens.

Baca Juga: Jangan Targetkan Semua Orang, Pertajam Customer Persona dengan 4 Langkah Ini!

Kesimpulan

Vindes Sport kembali membangkitkan genre sportainment dalam dunia hiburan. Sportainment yang merupakan perpaduan acara olahraga dan hiburan, memanfaatkan perasaan FOMO dari para penggemarnya. Keterlibatan fanbase dapat menjadi peluang besar untuk event-event  #HaloKawan selanjutnya.

Gimana? #HaloKawan sudah siap membuat event sportainment milikmu? Kalau artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada sesamamu ya! Ikuti terus HalokaTalks agar tidak ketinggalan brand news, marketing tips, dan social media update selanjutnya!


Penulis: Adellia Gracia Christy

Penyunting: Gracia Yolanda Putri

Sumber: