Cobain pengalaman pakai Samsung di iPhone? Memangnya bisa?

Ternyata bisa, #HaloKawan! Bertepatan dengan momen rilisnya Galaxy Z Fold 5 pada Agustus lalu, Samsung membaharui aplikasi “Try Galaxy” yang bisa mengubah iPhone kamu jadi Samsung dalam sekali klik!

“Try Galaxy” ini sebenarnya sudah ada sejak Oktober 2022, dan menjadi solusi Samsung untuk menjangkau pengguna non-Samsung, khususnya Apple.

Yang namanya UI smartphone, pastinya kita semua tanpa sadar jadi nyaman karena terbiasa. Mempersuasi untuk pindah ke produk lain mengandalkan habitual behavior ini biasanya susah karena konsumen sudah terlanjur nyaman. “Try Galaxy” jadi alat bagi para user iPhone untuk mencoba UI Samsung dengan leluasa.

Baca Juga: Consumer Decision Process: Definisi, Tahapan, dan Contohnya!

“Konsumen bisa menikmati Galaxy experience secara langsung di smartphone non-Samsung mereka dan merasakan UI yang lebih mudah digunakan dibanding interface smartphone aslinya,” ujar Head of Product Marketing Samsung Mobile Experience Samsung Electronics Indonesia, Selvia Gofar lewat keterangan resmi kepada Suara pada Oktober 2022 lalu.

Lewat “Try Galaxy”, Samsung memperkenalkan One UI dan berbagai aplikasi khusus Samsung yang bisa dicoba langsung seperti telepon, pesan, kamera, pengaturan, Samsung Health, Galaxy Theme, galeri, Smart Switch, Samsung Kids, Game Launcher, Galaxy Store, dan masih banyak lagi.

#HaloKawan juga bisa mencoba fitur yang hanya dimiliki Samsung seperti Object Eraser dan Photo Remaster yang mempermudah edit foto.

Meskipun “Try Galaxy” hanya memberikan highlight dari tiap aplikasi dan fitur khusus Samsung, kombinasi ini sudah cukup memberikan pengguna iPhone sebuah pengalaman UI yang unik dan tidak terlupakan.  Aplikasi “Try Galaxy” ini adalah contoh implementasi immersive marketing yang tepat, #HaloKawan!

Immersive marketing menggunakan pengalaman immersive untuk menyentuh konsumen secara emosional. Pengalaman immersive maksudnya adalah suatu hal yang memberikan kesan yang mendalam. Oleh karena itu, strategi marketing ini memang didesain untuk menarik perhatian dan menyentuh emosi, sehingga pengalaman marketing ini dapat diingat lama oleh konsumen.

Teknologi immersive sering diciri-cirikan dengan teknologi virtual reality, augmented reality, dan video 360. Namun, inti dari pembuatan pengalaman immersive adalah pengalaman interaktif yang membuat audiens terlibat.

Selain memberikan pengalaman yang menarik, Immersive marketing “Try Galaxy” Samsung ini sangat mempermudah seseorang kalau mau mencoba UI Samsung ya. Tidak perlu lagi ke toko resmi Samsung yang harus diawasi sales saat mencoba, sekarang kamu bisa mencoba UI Samsung lewat “Try Galaxy” di smartphone pribadi.

“Try Galaxy” ini juga bisa jadi langkah awal para pengguna iPhone untuk mengenal UI Samsung. Jika #HaloKawan ingin mencoba juga, MinKa sudah tuliskan langkah-langkah mencobanya di bawah ini!

Cara Menggunakan Try Galaxy di iPhone

  1. Pada browser iPhone, pergi ke tautan trygalaxy.com
  2. Klik tombol “share”
  3. Klik “add to home screen”
  4. Di home screen, klik aplikasi “Try Galaxy”
  5. Eksplor One UI di iPhone!

Lewat pengalaman immersive yang diberikan aplikasi Try Galaxy, Samsung yakin mereka bisa mengubah seorang user iPhone menjadi user Galaxy!

“Dari pengalaman foldable yang lengkap dari Galaxy Z Fold4 5G dan Z Flip4 5G, fitur-fitur yang tidak akan mereka temukan di smartphone mereka, serta konektivitas Galaxy Ecosystem yang seamless, semua bisa di-explore secara utuh di Try Galaxy sehingga pengguna non-Samsung bisa yakin beralih ke perangkat Galaxy,” ucap Selvia.

Gimana? Mau coba mengimplementasikan immersive marketing juga seperti Samsung?

Bila artikel ini bermanfaat, jangan segan bagikan kepada sesamamu ya! Ikuti terus HalokaTalks jika kamu ingin mendapatkan informasi terbaru seputar brand news, marketing tips, dan social media updates!


Penulis: Gracia Yolanda Putri

Penyunting: Deborah Patricia

Sumber: