#HaloKawan ada yang tahu siapa sosok laki-laki berjas putih pada gambar di atas? Pastinya terkenal banget dong ya, dia adalah Denny Sumargo “Si Pebasket Handal”. Akhir-akhir ini Denny Sumargo mengejutkan warga netizen dengan mengumumkan dirinya resmi dilantik sebagai CEO baru Lion Parcel.

“Wah kira-kira ada apa ya?” “Kenapa Lion Parcel menunjuk Denny Sumargo sebagai CEO?” Pastinya banyak pertanyaan yang muncul dibenak #HaloKawan ketika membaca informasi ini, bahkan bisa saja #HaloKawan mempercayainya sebelum membaca secara lengkap informasi tersebut.

Langkah ini membuahkan hasil yang baik, para netizen memberikan perhatiannya untuk menggali dan mencari tahu kebenaran dari informasi ini. Diungkap oleh Chief Sales Officer, Lion Parcel mendapatkan exposure yang sangat luar biasa, hingga banyak pesan yang berdatangan menanyakan kebenaran dari informasi ini. Setelah berhasil menggemparkan jagat maya, diklarifikasi oleh Denny Sumargo lewat akun TikToknya CEO yang dimaksud bukanlah CEO “Chief Executive Officer” melainkan “Chief Eksentrik Officer”.

Penunjukkan Denny Sumargo sebagai CEO ternyata hanya sebuah plesetan untuk menarik perhatian masyarakat Indonesia. Lion Parcel berkolaborasi dengan Denny Sumargo untuk melakukan banyak terobosan kedepannya dalam mengembangkan bisnis. Berbeda dengan Brand Ambassador, Denny Sumargo akan bekerja sama secara langsung dengan tim marketing Lion Parcel untuk menghasilkan strategi-strategi pemasaran yang menarik dan relevan dengan target audiens.

Sebagai perusahaan logistik, target market merupakan elemen penting untuk keberhasilan perusahaan. Walaupun zaman terus berkembang, Lion Parcel berkomitmen untuk tetap dekat dengan target marketnya sehingga melalui strategi ini menjadi langkah untuk tetap eksis dan menyesuaikan dengan perkembangan zaman.

Akhir-akhir ini tidak hanya Lion Parcel saja nih yang baru menggunakan metode semacam ini. Hal ini juga pernah terjadi dan dilakukan oleh Es Teh Indonesia yang menunjuk Nagita Slavina sebagai CEO baru. Tren marketing seperti Lion parcel atau Es teh Indonesia ini dikenal dengan istilah “Gimmick Marketing” Kira-kira #HaloKawan sudah tahu tentang gimmick marketing ini belum? Sini Minka spill yuk!

Gimmick Marketing, Strategi Dapatkan Exposure Tinggi

Gimmick Marketing merupakan trik, strategi, metode yang dikonsep dan dilakukan bertujuan untuk menarik perhatian target audiens dan menciptakan minat terhadap produk atau jasa dari bisnis #HaloKawan.

Menjalankan gimmick marketing tidaklah mudah, untuk mendapatkan hasil yang maksimal seperti Lion Parcel, #HaloKawan perlu merancang langkah-langkah yang tepat agar strategi ini terlihat natural. Ketika #HaloKawan melakukan dengan natural, dan berhasil memainkan emosional target audiens, maka dapat membantu meningkatkan awareness sekaligus interest pada bisnis #HaloKawan.

3 Langkah Mudah Lakukan Gimmick Marketing Anti Gagal

1. Spesifik Niche

Sebelum melakukan gimmick marketing, #HaloKawan perlu untuk menentukan niche atau topik apa yang akan #HaloKawan dalam melakukan gimmick marketing. Penentuan niche dapat #HaloKawan tentukan dengan melihat kebutuhan target audiens, keinginan target audiens, apa yang disenangi atau disukai, sehingga jalannya gimmick marketing bisa searah dan menjawab kebutuhan target audiens.

2. Penggunaan Media Sosial

Penggunaan media sosial membantu #HaloKawan menjalankan gimmick marketing dengan biaya yang relatif murah. Dengan menggunakan media sosial, #HaloKawan bisa memberikan visual yang menarik untuk ditonton target audiens. Selain itu juga dengan jangkauan yang luas, #HaloKawan bisa mendapatkan exposure yang tinggi. Namun #HaloKawan juga perlu memperhatikan media sosial yang cocok dengan target audiens #HaloKawan ya, sehingga gimmick marketing ini dapat berhasil dan sukses.

3. Kolaborasi

Kolaborasi dengan sejumlah selebriti atau influencer bisa membantu sukseskan gimmick marketing #HaloKawan. Namun #HaloKawan perlu memastikan bahwa influencer yang dipilih memiliki nilai yang sejalan dengan bisnis serta personality yang baik. Selain itu tidak kalah penting, #HaloKawan pastikan followers yang dimiliki oleh influencer merupakan target audiens yang #HaloKawan akan tuju.

Nah secara tidak langsung 3 langkah di atas merupakan langkah yang dilakukan oleh Lion Parcel dalam menjalankan gimmick marketing-nya. Terlihat sederhana, namun #HaloKawan perlu memikirkan dan mengkonsepkannya secara matang ya. Jangan lupa buat share artikel ini ke temen-temen yang lain ya #HaloKawan


Written by: Catherine Presilia Gunawan

Source:

  1. https://smallbusiness.chron.com/create-gimmick-people-interested-33654.html
  2. https://www.uviaus.com/blog/focus-on-creating-interested-not-interesting-how-to-make-b2b-marketing-gimmicks-work-for-you-2
  3. https://store.sirclo.com/blog/gimmick-marketing/