Akhir-akhir ini FYP TikTok #HaloKawan lagi dipenuhi sama mbak optika lunett nggak sih? Itu loh akun TikTok yang sering membagikan konten tentang transportasi umum hingga kehidupan karyawan di perusahaan.

Bermodalkan kreativitas, akun optika lunett sering membagikan video sketsa mengenai kehidupan di penyangga ibukota seperti drama ketika menaiki kereta atau  tentang kelakuan karyawan di kantor.

Berkat kontennya yang menghibur, #HaloKawan kadang sampai lupa bahwa optika lunett adalah toko jualan kacamata. Di TikTok sendiri per artikel ini dibuat, akun optika lunett sudah mendapat 1,9 juta likes. Menariknya, hanya dengan 'heh' saja konten tersebut langsung masuk FYP di TikTok.

Kalian penasaran nggak sih gimana cara bikin konten yang fyp ala mbak optika lunett? Sini minka kasih tau!

  • Konsisten
    Akun optika lunett konsisten meng-upload konten, hampir dua hari sekali selalu ada konten yang di-upload. Di awal-awal memang belum mendapat view, tapi karena konsisten akhirnya algoritma TikTok mulai mengenai konten ini. dan menemukan audiens yang cocok.
  • Relevan
    Karena harus rutin upload konten, mbak optika lunett  mencoba semua ide topik yang dirasa menarik dan akhir menemukan topik yang cocok yaitu ketika membahas tentang transportasi umum di Jabodetabek dan kehidupan karyawan di ibukota.
    Ini merupakan topik yang semua orang pernah merasakan bahkan yang belum merasakan pun jadi ikutan ingin tahu seperti apa sih gambaran bekerja di ibukota.
  • Personality
    Nonton konten optika lunett itu seperti menonton teman kita yang iseng bikin tiktok ya, intensinya adalah have fun, jadi nggak berasa jualannya.
    Di setiap konten, mbak optika lunett  selalu memakai produk utama mereka yaitu kacamata. Setelah audiens sudah kenal dan tertarik dengan konten tersebut, akhirnya optika lunett  mulai membuat konten yang ada product knowledge nya.
    Optika lunett adalah salah satu pelaku usaha yang menggunakan content marketing sebagai kanal branding.

Content Marketing merupakan sebuah strategi marketing dalam membuat dan menyebarkan konten yang berharga, relevan, dan juga konsisten untuk menarik perhatian para audiens yang dituju. Langkah ini terbilang efektif dan terbukti memperkuat engagement.

Beberapa manfaat content marketing bagi pelaku usaha dalam memasarkan produknya.

1. Meningkatkan Brand Awareness
Tujuan content marketing yang utama adalah meningkatkan brand awareness perusahaan. Hal ini dikarenakan ketika audiens mendapati konten yang relevan dengan mereka, mereka akan mulai penasaran dengan brand.

2. Meningkatkan Traffic
Content marketing akan melakukan berbagai riset sebelum membuat dan mendistribusikan konten.  Riset tersebut bisa berupa jenis pengguna, manfaat produk atau jasa yang ditawarkan brand, hingga konten yang relevan.

Dengan begitu, konten yang dihasilkan memang sesuai dengan target pengguna. Saat konten dihadirkan secara berkala, pengunjung akan terus datang untuk mengikuti media sosial atau mengunjungi website..

3. Meningkatkan Kepercayaan
Kepercayaan audiens kepada brand tidak datang begitu saja, lho! Nah, salah satu membangun kepercayaan audiens  adalah dengan content marketing.

Ketika pelaku usaha membuat konten yang memberikan manfaat kepada audiens, mereka akan menganggap brand tersebut sebagai expert di bidangnya. Dengan begitu,  mereka pun akan terus kembali melihat konten, yang pada akhirnya bisa turut meningkatkan konversi.

Nah, sekarang #HaloKawan sudah tahu dong rahasia konten fyp dan strategi marketing ala mbak optika lunett, semoga bermanfaat! Jangan lupa buat share ke temen-temen yang mau kontenya fyp ya #HaloKawan!


Written by: Mona Lestari Utami

Source:

  1. https://glints.com/id/lowongan/apa-itu-content-marketing/#.ZA15H3ZBzIU
  2. https://www.tiktok.com/@optikalunett_official