Tahun baru biasanya identik dengan "New Year New Me". Hal ini juga berlaku buat sosial media loh.  Mumpung masih awal tahun,  Minka mau ngasih tau prediksi trend sosial media di tahun 2023 dari beberapa sumber supaya #HaloKawan bisa mulai merencanakan sosial mediamu!

1. Multi-sensory Social Media

Media multi-sensor adalah integrasi berbagai format seperti audio, video, teks, dan bahkan lingkungan yang sepenuhnya imersif. Ini membantu menghadirkan pengalaman baru dan lebih menarik bagi pengguna media sosial.

Misalnya, Instagram meluncurkan opsi untuk menambahkan musik ke gambar diam. Twitter menambahkan halaman podcast di USA dan Meta tentu saja berinvestasi besar-besaran ke dalam metaverse.

Tips dari Minka buat #HaloKawan adalah menyertakan audio, polling, GIF, musik, teks, dan lainnya dalam konten supaya semakin interaktif.

2. Personalisasi Konten

Pada tahun 2023, konten "one take shot" atau konten yang otentik tanpa edit atau filter akan semakin dilirik loh. Tiktok pun sudah menyediakan platform TikTok Now yang mirip dengan BeReal buat ajak usernya post konten secara real-time.

Ini artinya #HaloKawan dapat mempertimbangkan pembuatan foto atau konten tanpa filter atau yang lebih otentik.

3. Content goes full-screen

Di tahun 2023, #HaloKawan akan semakin banyak melihat konten dengan rasio 9:16 atau vertikal layar penuh. Tidak hanya Instagram tetapi YouTube dan Facebook juga mulai mengikuti jejak TikTok untuk membuat konten full screen. Video vertikal di Facebook memiliki completion rate 90% lebih tinggi dari pada video horizontal sedangkan YouTube sedang menguji coba fitur baru yang memformat ulang iklan video menjadi pemutaran vertikal.

Semakin banyak platform yang mendukung rasio aspek ini, konten yang sama dapat digunakan kembali untuk beberapa sosial media sehingga jangkauannya akan lebih luas.

4. Social Commerce dan DM

#HaloKawan tentunya udah enggak asing dengan online shop. Hal ini terbukti bahwa 86% masyarakat Indonesia sering melakukan pembelian online dan belanja lewat sosial media.

Tiktok Shop menjadi sosial media nomor satu yang mempunyai fitur social commerce yang memungkinkan pengguna dan kreator untuk mempromosikan serta menjual produknya secara langsung melalui TikTok.

Minka juga memperkirakan bahwa kita akan melihat lebih banyak bisnis memasukkan elemen layanan pelanggan ke dalam strategi media sosial mereka pada tahun 2023. Artinya #HaloKawan bisa memanfaatkan media sosial sebagai jalur komunikasi langsung dengan pelanggan, mulai dari menjawab pertanyaan, keluhan, hingga permintaan.

5. Video Pendek atau Short

#HaloKawan tentu sudah tidak asing lagi dengan video pendek atau konten-konten berdurasi singkat. Di tahun 2023, video dengan durasi singkat akan semakin bertumbuh pada tahun 2023.

Jadi, pastikan #HaloKawan memaksimalkan pembuatan video berdurasi pendek, seperti Instagram (Reels), TikTok, atau YouTube (Shorts). #HaloKawan dapat membuat konten tersebut melalui akun atau channel pribadi atau berkolaborasi dengan influencers. Banyak platform media sosial juga berupaya menjadikan teks video sebagai pilihan utama untuk membuat short, jadi pastikan juga untuk memasukkan ini ke dalam strategi video 2023 #HaloKawan.

Sekian informasi yang berhasil Minka rangkum seputar trend social media di tahun 2023! Yuk share tulisan ini ke temanmu yang pengen ngembangin sosial medianya!


Written by: Dede Wardani

Source:

  1. https://www.contentstadium.com/blog/social-media-trends/
  2. https://www.plannthat.com/6-social-media-trends-2023/
  3. https://www.territory-influence.com/discover-the-social-media-trends-2023-for-your-strategy/