Di tengah kemajuan teknologi digital dan perkembangan sektor ekonomi kreatif di Indonesia membuat banyak usaha yang mengoptimalkan penggunaan copywriting dalam membangun identitas brand-nya. Copywriting sangat erat kaitannya dengan branding dan menjadi bagian untuk mengkomunikasikan pesan atau menjadi jembatan dari brand ke konsumen. Hal ini dilakukan agar produk  yang  dijual  mampu  menampilkan karakter yang berbeda dibandingkan dengan kompetitornya.

“Jadi copywriting itu seperti apa sih Minka?”

Copywriting adalah teknik yang dipakai sebuah perusahaan dalam menyampaikan pesan menggunakan  tulisan. Tujuannya membuat pelanggan melakukan tindakan yang #HaloKawan ingin mereka lakukan melalui teknik penulisan persuasif. Tulisan copywriting ini sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin produknya diketahui oleh masyarakat.

“Kenapa harus ada copywriting sih Minka, terus apa bedanya dengan content writing?

Sini sini sini Minka jelaskan lebih lanjut ya! Copywriting adalah salah satu elemen yang memiliki  hubungan  yang  erat  dengan  promosi, sehingga dengan copywriting #HaloKawan dapat membangun identitas brand, menggiring opini, menghasut pembeli, meningkatkan konversi, dan pastinya produk yang #HaloKawan tawarkan akan selalu diingat. Nah untuk perbedaanya dengan content writing yukk simak dengan seksama point-point yang udah coba Minka rangkum.

Copywriting memiliki tujuan untuk membuat tulisan yang bersifat menarik perhatian dan mengajak pembaca membeli produknya. Output yang akan dihasilkan dari copywriting digunakan untuk iklan/ads sebuah produk bahkan dapat digunakan sebagai tagline. Copywriting cocok untuk dipublikasikan pada sebuah billboard, social media, website, TV, radio, dan koran.
Berbeda dengan content writing yang biasanya dibuat untuk mengedukasi, memberikan informasi, dan menghibur pembaca. Karya content writing pada umumnya berupa artikel atau social media post sehingga dapat ditemukan pada sebuah media yang biasa dibaca dalam waktu lama, seperti blog, website, dan sosial media.


Written by: Dede Wardani

Source:

  1. https://revou.co/panduan-karir/perbedaan-content-writer-dan-copywriter#:~:text=Content%20writer%20dan%20copywriter%20menulis,pembaca%20dan%20meningkatkan%20brand%20awareness.
  2. https://binus.ac.id/knowledge/2021/09/content-writing-copywriting-dan-ux-writing-apa-sih-bedanya/