#HaloKawan pasti pernah kan melihat reseller Netflix di kolom komentar kayak gini:

Source: https://twitter.com/flavourri/status/1632266725390712833?s=20

Prosedur langganan layanan streaming yang ribet dan terkesan lebih mahal memang membuat sebagian orang memilih membeli dari reseller. Tapi karena terlalu sering digocek di kolom komentar, Netflix Indonesia pun membuat unggahan ala-ala reseller nih, lengkap dengan desain poster “jelek”-nya pada unggahan Twitter Selasa, 28 Februari 2023 lalu.

Source: https://twitter.com/NetflixID/status/1630417508384792577?s=20

Unggahan tersebut pun sukses menarik perhatian, apresiasi, dan mengundang gelak tawa warganet.

Source: https://twitter.com/gigarv/status/1630441052665704448?s=20
Source: https://twitter.com/ndodiyah/status/1630453135025262594?s=20

Humor Membangun Konten yang Lebih Bermakna

Kok bisa sih, Netflix kepikiran untuk nge-ulti reseller? Jangan salah, ternyata humor ‘self-deprecating’ jadi salah satu cara ampuh untuk membangun koneksi antara brand dengan konsumennya.

  1. Humor ‘self deprecating’ membangun rasa komunitas
    Ketika brand menertawakan diri sendiri, mereka menghapus batasan antara “konsumen” dan “bisnis”, sehingga membuat hubungan yang lebih “manusia”, seperti dalam sebuah komunitas.
  2. Humor memanusiakan brand
    Di era serba digital, ternyata kita masih lebih suka interaksi person-to-person, lho. Brand yang bisa bercandain diri mereka sendiri di media sosial kesannya lebih “manusia” daripada brand dengan pemasaran yang terlalu kaku. Dengan humor, konsumen juga merasa diri mereka diperlakukan seperti individu.
  3. Humor memproduksi kampanye yang lebih autentik
    Para konsumen semakin skeptis dengan iklan yang serius. Namun sebaliknya, iklan dengan humor “self-deprecating” tanpa sadar menghasilkan kampanye yang lebih autentik dengan memperlihatkan sisi berbeda dari sebuah brand. Konsumen jadi lebih cepat percaya, deh!

Di era konsumen yang semakin kritis, membangun hubungan dengan konsumen lewat kepercayaan, autentisitas, dan kejujuran jadi sangat penting, nih! Brand pun banyak mengambil cara-cara humor untuk membangun hubungan yang personal dengan konsumen mereka.

Kalau #HaloKawan, suka juga enggak sama konten brand yang bikin ketawa? Tulis pendapatmu di kolom komentar, ya!


Written by: Gracia Yolanda Putri

Source:

  1. https://www.socialmediatoday.com/news/how-self-deprecating-advertising-creates-more-meaningful-consumer-brand-con/518531/
  2. https://twitter.com/flavourri/status/1632266725390712833?s=20
  3. https://twitter.com/NetflixID/status/1630417508384792577
  4. https://twitter.com/gigarv/status/1630441052665704448?s=20
  5. https://twitter.com/ndodiyah/status/1630453135025262594?s=20
  6. https://twitter.com/indravermana/status/1630466665745092608?s=20