#HaloKawan sudah tahu belum? Konsumen akan lebih sering mencari merek melalui media sosial daripada melalui mesin pencari loh. Menurut survei, 87% pemasar media sosial memprediksi bahwa konsumen akan lebih sering mencari merek melalui media sosial daripada melalui mesin pencari pada tahun 2023.

Sosial media marketing benar-benar hal penting yang harus digali lebih dalam dan sebagai bisnis owner harus selalu up to date. Pemanfaatan sosial media marketing yang tepat dapat menjangkau audiens lebih luas, meningkatkan brand awareness, meningkatkan interaksi dengan pelanggan, hingga peningkatan penjualan. Memang sangat penting dapat memahami pemasaran melalui sosial media apalagi di era serba digital saat ini.

Berikut MinKa rangkumkan sejumlah tips sosial media marketing agar bisnis #HaloKawan di tahun 2023 makin cuan.

Pentingnya mempelajari platform media sosial yang berbeda

Ketahui platform media sosial yang berbeda dan pilihlah yang sesuai dengan target audiens. Misalnya, LinkedIn mungkin lebih cocok untuk mempromosikan bisnis B2B, sementara Instagram atau TikTok dapat membantu membangun merek dan mengembangkan jangkauan di kalangan pengguna muda.

Mempertimbangkan iklan berbayar

Iklan berbayar dapat membantu #HaloKawan mencapai audiens yang lebih luas dan meningkatkan visibilitas merek. Pertimbangkan untuk mengalokasikan sebagian dari anggaran pemasaran untuk iklan berbayar di platform media sosial.

DM (direct messages) akan menjadi saluran layanan pelanggan yang disukai konsumen

Sekitar satu dari lima pengguna media sosial generasi Z, millennial, dan generasi X telah menghubungi merek melalui DM dalam tiga bulan terakhir. Selain itu, 84% pemasar media sosial memprediksi bahwa DM akan menjadi saluran layanan pelanggan yang disukai oleh konsumen pada tahun 2023. Sebanyak 76% perusahaan telah menyiapkan diri untuk ini dan 42% pemasar media sosial menganggap bahwa memberikan layanan pelanggan melalui DM adalah tanggung jawab utama mereka.

Go live! Pertimbangkan untuk mengagendakan live streaming

Pada tahun 2023, live streaming di media sosial akan terus menjadi strategi pemasaran yang baik untuk merek. Cobalah merencanakan waktu yang konsisten untuk melakukan live streaming dan beri tahu pengikut kapan #HaloKawan akan melakukannya. Gunakan waktu tersebut untuk tanya jawab dengan pelanggan. Live streaming juga baik untuk reputasi merek. Dengan melakukan live streaming, #HaloKawan dapat membangun kepercayaan dengan pelanggan juga membuat merek lebih manusiawi serta menunjukkan seberapa autentik kita.

Pelanggan suka jika mereka direspons secepat mungkin

Menurut data, lebih dari 75% konsumen mengharapkan merek untuk merespons pertanyaan mereka dalam waktu kurang dari 24 jam. Untuk meningkatkan layanan pelanggan, merek perlu mempercepat waktu respons. Hayoloh, buat #HaloKawan yang masih sering balas DM atau komentar sehari kemudian harus evaluasi gede-gedean!

Semoga sedikit rangkuman tips dari MinKa bisa memberikan pemahaman baru ya! Yuk langsung eksekusi biar 2023 penjualan meningkat. Bagikan juga artikel ini ke kerabat yang membutuhkan, sharing is caring.


Written by: Annisa Widi Astuty

Source:

  1. https://www.score.org/resource/article/top-10-social-media-marketing-tips-your-company-needs-success-2023
  2. https://sproutsocial.com/insights/social-media-best-practices/
  3. https://blog.hubspot.com/marketing/social-media-predictions-2017