#HaloKawan siapa nih yang di bulan Ramadhan kemarin sempat nonton iklan-iklan kreatif dari brand-brand ternama seperti di gambar atas? Ramadan tahun ini, nampaknya banyak sekali perusahaan yang berlomba-lomba menghadirkan campaign kreatif yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan. Berbagai ide dikemas dengan menarik untuk menyentuh hati para penontonnya dan tentunya disesuaikan dengan jenis brand yang dimiliki.

Kampanye yang dibuat sangat beragam dan diunggah melalui platform Youtube maupun Instagram sebagai media sosial yang paling populer di tahun ini.

Seperti gambar di atas, brand Indonesia yang terkenal seperti Lifebuoy dan BCA juga turut menghadirkan kampanye iklan melalui media sosial Youtube dan Instagram. Pesan-pesan dikemas dengan sederhana, sangat menyentuh, dan relate dengan kondisi audiens di Indonesia yang tengah menyambut bulan suci Ramadhan.

Youtube dan Instagram, Tren Iklan Paling Populer di 2023

Beberapa brand lebih menyukai Instagram dan Youtube sebagai platform penyalur iklan di tahun 2023, dengan persentase 35% responden mengatakan bahwa Instagram menghasilkan ROAS terbaik dan 48% mengatakan bahwa Youtube juga menghasilkan ROAS terbaik.

Melalui iklan di media sosial, harapannya audiens akan semakin memahami pesan yang ingin disampaikan oleh sebuah brand dan akhirnya melakukan tindakan baik itu membeli produk maupun hanya berinteraksi melalui konten yang di posting lewat media sosial.

Iklan Nggak Melulu Membahas Penjualan Produk

Salah satu contoh iklan yang bisa kita lihat adalah dari brand Lifebuoy berjudul “Akar Kuat di Bulan Suci”. Iklan singkat ini menceritakan tentang seorang anak yang harus kuat dalam melewati tantangan berpuasanya. Nasihat tersebut ia dapat dari seorang ibunya yang senantiasa mendukung dia agar tetap kuat dalam menghadapi apapun.

Pesan yang sederhana dan didukung oleh peran serta pengemasan yang sangat apik, tentu juga tidak meninggalkan nilai dari produk Lifebouy itu sendiri sebagai salah satu produk sampo dengan slogan “Kuatkan Rambut dari Akar”.

Kampanye yang dikemas oleh Lifebuoy menunjukkan bahwa iklan nggak harus menonjolkan secara gambling produk yang ingin dijual. Namun, kita tetap bisa mengemasnya dengan cara lain yaitu melalui emotional marketing sebagai strategi periklanan yang menggunakan emosi agar audiens lebih memperhatikan, mengingat, hingga melakukan pembelian.

Mengapa Iklan Digital Penting untuk Bisnis?

Berbagai cara bisa dilakukan untuk meningkatkan perkembangan bisnis, salah satunya lewat kekuatan media sosial yang berjalan secara digital. Ada banyak manfaatnya lho, yuk simak informasi ini sampai habis!

1. Biaya Akuisisi Pelanggan Lebih Rendah

#HaloKawan bisa mendapatkan pelanggan baru dengan biaya yang lebih rendah daripada pemasaran tradisional. Lewat strategi digital marketing, kita bisa menargetkan audiens yang paling relevan, membuat pesan lebih efektif sesuai yang dibutuhkan audiens, meningkatkan rasio konversi penjualan, dan masih banyak lagi.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Untuk mendapatkan pembeli baru, #HaloKawan harus memperluas jangkauan dan brand awareness produk yang ditawarkan. Strategi digital marketing lebih efisien membantumu menjangkau audiens yang lebih besar dan cepat.

3. Digital Marketing Menawarkan Keuntungan dalam Hal Perolehan Prospek

Melalui digital marketing, calon pembeli dapat dengan mudah menemukan brand #HaloKawan sehingga menjadi prospek yang baik di channel tersebut. Misalnya lewat pengoptimalan SEO dan konten-konten di media sosial.

4. Pelacakan dan Pengukuran Terdeteksi Lebih Spesifik

Untuk bisa mencapai ROI pemasaran yang baik, maka menetapkan metrik adalah hal yang utama dalam melacak kinerja. Hal ini memungkinkan #HaloKawan untuk bisa menentukan kampanye iklan dan saluran mana yang paling efektif sehingga mampu meningkatkan rencana pemasaran secara keseluruhan.

Sekarang #HaloKawan sudah tahu nih, kalau digital marketing itu penting bagi sebuah bisnis karena mampu memungkinkan sebuah brand lebih berkembang. Baik dari segi awareness, menentukan audiens yang sesuai, mengotomatiskan aktivitas marketing, dan mengukur semuanya.

Manfaat utama yang dapat ditekankan dalam strategi digital marketing adalah pengukuran, personalisasi, otomatisasi, dan penargetan. Jadi, bisa nih mulai sekarang #HaloKawan manfaatkan tools digital marketing dengan maksimal sebagai usaha mengembangkan sebuah bisnis atau brand yang #HaloKawan miliki. Yuk update terus dengan artikel terbaru Haloka yang pastinya akan menambah pengetahun dan wawasan #HaloKawan.


Written by: Catherine Presilia Gunawan

Source:

  1. https://www.youtube.com/watch?v=o-xypJ8s2LY
  2. https://www.youtube.com/watch?v=ZyvI3NOnsMo
  3. https://www.smartly.io/blog/top-digital-advertising-trends-for-2023
  4. https://terakeet.com/blog/importance-of-digital-marketing/