#HaloKawan mungkin ada yang merasa Twitter sudah ketinggalan zaman. Eits, #HaloKawan salah kaprah. Twitter termasuk dalam 15 besar platform media paling populer saat ini di dunia. Total pengguna tahun 2023, Twitter saat ini memiliki 353,90 juta pengguna, meningkat 3,93% dari tahun 2022. Mayoritas audiens Twitter, sekitar 38,5%, berusia antara 25 dan 34 tahun. Menurut data Statistik terbaru, Twitter menarik pasar yang lebih matang daripada Instagram atau Snapchat. Basis pengguna Twitter menunjukkan bahwa sekitar 33% memiliki gelar sarjana atau lebih tinggi.

Setelah mengetahui beberapa fakta menarik di atas, #HaloKawan pasti berdecak kagum. Berikut MinKa spill alasan-alasan Twitter cocok untuk bisnis.

1. Dapat terhubung langsung dengan pelanggan

Menggunakan Twitter sebagai akun bisnis otomatis bisa langsung berinteraksi dengan audiens. Tidak jarang, #HaloKawan mungkin akan menemukan akun bisnis yang nimbrung pada hal-hal yang sedang trending. Ini merupakan salah satu cara sebuah brand terhubung dengan pelanggan melalui cara yang casual. Saling berbalas Tweet menjadikan brand dan pelanggan lebih dekat.

2. Twitter menjadi wadah pemasaran gratis

Memang sih ada twitter ads, tetapi jika #HaloKawan bisa mengelola Twitter dengan baik, platform ini bisa menjadi wadah pemasaran yang benar-benar gratis. Sebuah cuitan akan sangat mudah viral jika berhasil menyentuh emosi pengguna. Semakin pintar dalam mengelola akun Twitter, termasuk memperhatikan gaya bahasa saat membuat cuitan, semakin baik untuk sebuah bisnis. Penting mencari copywriter yang cocok dengan value bisnis #HaloKawan ya! Selain itu, dibandingkan dengan platform media sosial lain atau bentuk periklanan lainnya, pemasaran Twitter masih merupakan alat yang relatif murah.

3. Twitter marketing mampu meningkatkan penjualan

Twitter bukan hanya platform untuk berinteraksi dengan orang-orang, tetapi juga bagi bisnis, bahkan untuk meningkatkan penjualan dan meningkatkan pendapatan. Data statistik menunjukkan 60% pengikut di Twitter cenderung membeli atau merekomendasikan produk setelah mengikuti akun Twitter.

4. Mengawasi kompetitor

Tidak hanya konsumen, kompetitor #HaloKawan mungkin juga sudah melebarkan sayap di ranah pemasaran Twitter. Pentingnya mengawasi gerak-gerik kompetitor agar kita tidak kalah dalam persaingan. Tidak ada salahnya belajar dari kelebihan atau kekurangan kompetitor. Tidak ada salahnya pula menganalisis hasil diskusi antara kompetitor dengan pelanggan mereka untuk diadaptasi.

5. Meningkatkan brand awareness

Twitter memungkinkan #HaloKawan menjangkau audiens yang besar dengan cepat dan mudah. Dapat dikatakan, Twitter merupakan platform yang ideal untuk membangun brand awareness. Melalui pemasaran Twitter yang efektif, dapat meningkatkan visibilitas merek dan membuat lebih banyak orang mengetahui penawaran yang kita buat.

6. Sarana yang baik untuk mengarahkan ke situs web

Twitter termasuk sumber traffic yang baik ke situs website bisnis. #HaloKawan dapat menggunakannya sebagai saluran distribusi untuk membagikan tautan ke halaman marketplace, halaman produk, atau halaman lainnya yang berkaitan dengan produk atau jasa yang ditawarkan. Dengan demikian, #HaloKawan dapat meningkatkan jumlah leads prospek serta penjualan.

Pokoknya jangan menganggap Twitter underdog sebelum merasakan manfaatnya untuk bisnis #HaloKawan. Selamat mencoba explore Twitter dan pastikan untuk membagikan artikel ini ke temen-temen yang lain supaya dapat insight baru.


Written by Annisa Widi Astuty

Source:

  1. https://www.oberlo.com/blog/twitter-for-business-ultimate-guide
  2. https://blog.hootsuite.com/twitter-marketing/
  3. https://www.bankmycell.com/blog/how-many-users-does-twitter-have