#HaloKawan mungkin pernah menyaksikan secara langsung maupun secara online fashion show oleh model profesional yang berjalan di catwalk sambil memamerkan baju karya desainer terkenal.

Ketika model berjalan di catwalk, seringkali kita salah fokus dengan ekspresi wajah mereka yang datar dan nggak senyum. Kayaknya hampir semua model yang catwalk memperagakan busana tidak menunjukkan ekspresi di wajah mereka ya #HaloKawan.

Ternyata ekspresi 'jutek' dan 'dingin' dari model yang sedang melakukan peragaan busana tersebut adalah salah satu strategi marketing loh #HaloKawan.

Para model diwajibkan untuk percaya diri dan terlihat sempurna, mereka tidak boleh menampakan kepribadian, yang membuat pandangan penonton teralihkan dari pakaian yang sedang diperagakan.

Mudahnya, model catwalk dilarang senyum agar penonton fokus ke baju yang diperagakan. Oleh karena itu, mereka jarang diminta untuk tersenyum karena para designer ingin busana yang ditampilkan lebih menonjol daripada sang model itu sendiri.

Ngomongin soal peragaan busana atau fashion show, kegiatan ini biasa diikuti oleh brand kenamaan yang bertujuan untuk memamerkan karya seni dan kreasi yang dibuat oleh seorang designer.

Kegiatan tersebut nggak semata-mata dilakukan untuk tujuan komersial saja, tetapi juga sebagai wujud apresiasi dan kreativitas. Dimana nantinya designer dapat berekspresi melalui busana rancangan yang diperagakan.

Acara ini juga dibuat bukan tanpa tujuan. Baik penyelenggara acara maupun peserta yang hadir, sama-sama akan mendapatkan manfaat yang besar dari kegiatan tersebut.

1. Sebagai media promosi

fashion show merupakan salah satu cara untuk mengekspresikan diri seorang designer. Selain itu, juga bertujuan untuk mempromosikan hasil karya mereka kepada masyarakat luas.

2. Meningkatkan Brand Awareness

Turut berpartisipasi pada peragaan busana merupakan cara lain untuk 'menyapa pasar'. Dengan mengikuti acara fashion show, sebuah brand akan mendapatkan kesempatan untuk dikenal oleh masyarakat.

3. Memperluas relasi

Perhelatan besar seperti fashion show, pastinya akan mengundang hadirnya orang-orang dari berbagai kalangan. Pada kesempatan ini, designer memiliki kesempatan menambah relasi dan memperluas pertemanan. Karena luasnya relasi, menjadi hal yang menguntungkan untuk perkembangan karir dan karya seorang desainer kedepannya.

Wih, jadi dapet insight baru lagi nih tentang strategi marketing. Semoga informasi yang Minka bagikan ini dapat bermanfaat ya #HaloKawan!

Anyway, Jika #HaloKawan tertarik mempelajari lebih dalam mengenai branding, Yuk ikutan kelas dari Haloka!

Disini #HaloKawan bakalan belajar e-course dimana punya 4 modul yang masing-masingnya berisi video learning dan ada worksheetnya juga loh supaya #HaloKawan bisa langsung mempraktekkan teorinya!


Written by: Mona Lestari Utami

Source:

  1. https://www.hipwee.com/style/kenapa-wajah-para-model-itu-selalu-datar-tanpa-senyum/
  2. https://italianfashionschool.id/apa-itu-fashion-show/#:~:text=Tujuan%20fashion%20show%20yang%20pertama,satu%20cara%20untuk%20mengekspresikan%20diri.
  3. https://redcomm.co.id/knowledges/pengertian-brand-awareness-dan-manfaatnya-bagi-pemilik-usaha