#HaloKawan tidak perlu lagi terpaksa off cam di meeting online karena belum sempat makeup. Maybelline New York meluncurkan 12 virtual makeup filter yang bisa kamu pakai selama meeting di Microsoft Teams pada Rabu (19/7/23) lalu!

12 virtual makeup filter yang disediakan memadukan banyak warna dan efek blur yang cocok dengan beragam warna kulit. Bekerja sama dengan Geena Davis Institute, Maybelline memilih warna dengan memastikan representasi beragam warna kulit yang dimiliki para konsumen.

Pengguna Microsoft Teams dapat menggunakan fitur ini di bagian “Filter” di bawah kategori “Maybelline” dan “More Video Effects”. Di tiap look filter juga diberikan penjelasan produk apa saja yang digunakan, sehingga #HaloKawan bisa membelinya bila tertarik.

Pengembangan Maybelline Beauty App di Microsoft Teams menggunakan teknologi augmented reality dari Modiface, perusahaan teknologi AR yang dimiliki L’Oreal, perusahaan utama dari Maybelline New York.

Bukan pertama kalinya L’Oreal menghadirkan inovasi teknologi dalam industri kecantikan. Sejak 2018 hingga 2022, brand pemimpin beauty industry tersebut telah meluncurkan 17 beauty tech dari 35 brand-nya di Indonesia!

Di antaranya: Kiehl’s Derma Reader Pro yang dapat menganalisa isu di permukaan kulit; La Roche-Posay Spotscan yang bisa menganalisa keparahan jerawat; Lancome Shade Finder, perangkat AI yang dapat merekomendasikan shade foundation paling cocok; serta Yves Saint Laurent Rouge Sur Mesur, perangkat portable peracik lipstick pertama di dunia.

Setelah berkecimpung di industri kecantikan sejak 1909, apa rahasia L’Oreal bisa bertahan melewati perkembangan zaman? Simak selengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Disruptive Marketing Maybelline: Maskara Raksasa di Underground London Ternyata Cuma Editan!

L’Oreal, Perusahaan Kecantikan yang Tidak Takut Teknologi

Inovasi beauty tech powerhouse L’Oreal
Sumber: Teen Vogue

Saat ini, salah satu fokus L’Oreal adalah menjadi pemimpin industri kecantikan di masa depan dengan menjadi “Beauty Tech powerhouse”. Inovasi ini turut dipercepat oleh pandemi.

Dengan keterbatasan fisik antara konsumen dan brand, L’Oreal melihat celah bahwa konsumen semakin menginginkan inovasi yang memberikan pengalaman personal. Karena banyak konsumen yang ingin mewarnai rambut selama pandemi, L’Oreal meluncurkan L’Oreal Paris’ Online Color Concierge pada Oktober 2020 yang mendapatkan respons positif.

Konsep virtual try-on bukanlah hal yang baru. Sebelumnya, filter makeup sudah sering diterapkan di media sosial, seperti Instagram dan Snapchat di ranah kasual. Melihat kesempatan tersebut, L’Oreal mengakuisisi Modiface pada 2018 dan aktif mengembangkan virtual try-on.

Indonesia sendiri menjadi negara dengan pengguna beauty tech L’Oreal terbanyak (2022), sampai 1 juta kali try on! Pencapaian ini didorong oleh pergeseran ke konsumen Gen Z yang merupakan digital-native dan pandai mengadopsi teknologi baru.

Teknologi virtual try-on L’Oreal yang sukses juga menjadi bentuk omnichannel marketing, yang dapat mendorong konsumen untuk membeli produk setelah mencobanya secara virtual.

Baca Juga: Omnichannel Marketing: Integrasi Platform untuk Pengalaman Belanja yang Lancar!

Langkah-langkah manuver L’Oreal dalam berinovasi ini sesuai dengan brand vision statement mereka, yaitu “Creating Beauty”, dengan brand core value innovation dan open-mindedness. Dalam menjalankan misi “Beauty Tech Powerhouse” ini, L’Oreal juga berpegang pada 3 pilar yakni: bertanggung jawab dan transparan, gesit, dan kreatif.

"Dunia kecantikan yang semakin bertanggung jawab dan transparan, dunia di mana tim kami semakin gesit dan kreatif. Itu tiga pilar yang kami usung dalam L’Oréal Beauty Tech,” ujar Presiden Direktur L’Oreal Indonesia, Junaid Murtaza, pada Rabu (5/10/22) dikutip dari Katadata.

Kesimpulan

Maybelline New York meluncurkan 12 virtual makeup filter di Microsoft Teams! Inovasi ini semakin mempercepat perusahaan utamanya, L’Oreal, untuk jadi Beauty Tech Powerhouse. Ada sejak 1909, perusahaan kecantikan ini tidak takut berkembang bersama teknologi.

Bila artikel ini bermanfaat untuk #HaloKawan, jangan segan bagikan kepada sesamamu ya! Kalau kamu ingin selalu update dengan brand news, marketing tips, dan social media update, ikuti terus HalokaTalks!


Penulis: Gracia Yolanda Putri

Penyunting: Deborah Patricia

Sumber: