Mendekati bulan Suci Ramadhan apa yang #HaloKawan rindukan? Buka puasa bersama dengan keluarga? bukber dengan teman yang akhirnya hanya wacana atau momen mudik menjelang idul fitri?

Setelah hampir tiga tahun setelah Covid-19 melanda Indonesia, yang mana harus rela melewatkan tiga kali Idul Fitri dirumah aja dan silaturahmi lewat video call atau zoom. Mudik terasa menjadi momen terbaik bagi #HaloKawan dan semua umat islam karena bisa berkumpul dengan keluarga di kampung halaman.

Dalam situasi ekonomi saat ini, beberapa orang mungkin akan berpikir berulang kali untuk mudik karena biaya perjalanan yang melambung tinggi dan faktor lainnya, kemudian ada orang yang tidak mempunyai kampung halaman namun rasanya ingin mencoba bagaimana rasanya mudik.

Nah! untuk mewujudkan itu semua, PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) menghadirkan campaign yang bertajuk #DiantarSangBintang. Hyundai Indonesia akan wujudkan mimpi #HaloKawan untuk bisa mudik di tahun 2023 ini.

Campaign ini terasa sangat dekat dengan konsumen dan target Hyundai Indonesia selain wujudkan harapan konsumen untuk mudik, juga ingin memperkenalkan secara langsung mobil terbaru dari Hyundai yaitu, Hyundai Stargazer.

Promosi ini muncul berawal dari komika Bintang Emon yang memposting bahwa ia ingin bisa mudik seperti orang lain. Lalu Hyundai Indonesia bekerja sama dengan Bintang Emon untuk wujudkan semua orang yang ingin mudik di tahun ini.

Setelah campaign tersebut ramai, dengan cepat Hyundai Indonesia langsung melebarkan campaign atau promosinya tersebut lewat billboard. #HaloKawan bisa lihat beberapa alasan orang yang ingin mudik, lucu dan unik-unik yang mereka tulis di kolom komentar Instagram feed @hyundaimotorindonesia

Source: https://twitter.com/txtfrombrand?s=20
Source: https://twitter.com/txtfrombrand?s=20
Source: https://twitter.com/txtfrombrand?s=20

Pintarnya Hyundai Indonesia membuat campaign #Diantarsangbintang

Setelah #HaloKawan melihat sekilas campaign yang dibuat oleh Hyundai sekarang waktunya Minka sharing apa saja sih learningnya?

  • Jeli Melihat Momen

Hyundai Indonesia mampu memanfaatkan momen di waktu yang tepat dan memulainya sebelum kompetitor. Hyundai Indonesia begitu cermat dalam mengemas campaign #DiantarSangBintang karena mampu menyentuh sisi emosional orang-orang yang rindu pulang ke kampung halaman.

  • Memperluas Target Pasar

Hyundai Indonesia mencoba memperluas target pasar, tidak hanya bagi mereka yang menyukai dunia otomotif, tetapi juga bagi mereka yang “hanya ingin” menginginkan mobil yang nyaman dan bergaya.

  • Mengenalkan Produk Baru Dengan Cara Yang Unik

Hyundai Indonesia memiliki cara unik untuk mengenalkan Hyundai stargazer, yaitu memberikan pengalaman berkendara yang berbeda kepada konsumen lewat mudik. Biasanya sebuah brand memperkenalkan produk terbaru akan bekerja sama dengan influencer untuk mempromosikannya tapi Hyundai Indonesia berbeda, dengan langsung kepada konsumen lewat campaign #DiantarSangBintang

Kini saatnya brand atau bisnis #HaloKawan menciptakan campaign yang unik dan kreatif. Berikut ini ada 5 tips dari Minka yang bisa #HaloKawan coba!

  1. Tentukan Tujuan dan Pesan Pada Campaign
    Sebuah campaign harus memiliki tujuan yang tepat, apakah memperluas brand awareness? Apakah ingin meningkatkan penjualan atau ingin menambah followers di media sosial dan lainnya sebagainya.
    Pertimbangkan dengan matang tujuan campaign agar hasilnya sesuai dengan apa yang diinginkan. Selanjutnya buat strategi campaign. Apa pesan yang ingin diberikan dari brand kepada konsumen, misalnya apakah campaign akan dibuat dengan informatif, entertainment, humor, emotional atau surprising.
  2. Mengikuti Trend
    Follow the trend sudah bukan rahasia umum untuk mengembangkan brand. ketika ada trend, kamu harus jeli dan cepat melihat peluang dari trend tersebut agar bisa dijadikan momentum untuk melahirkan campaign.
    Karena kalau bicara tentang digital, trend sangatlah cepat berubah sehingga kamu harus memanfaatkan trend yang ada dan kreatif untuk menghasilkan campaign yang menarik.
  3. Kenali Target Audiens
    Pahami target audiens yang ingin dituju, ini sangatlah penting karena akan menentukan tujuan campaign tepat sasaran atau tidak. Selain itu mengenali mengenali target audiens mempermudah dalam mengetahui karakteristik dan perilaku mereka.
  4. Ciptakan Ide yang Unik
    Berbeda dan baru pasti akan membangkitkan rasa penasaran. Nah ini mengapa ide kreatif dan unik harus bisa diciptakan dari sebuah brand. Ketika sebuah brand menciptakan hal yang berbeda, tidak menutup kemungkinan campaign yang dibuat berpotensi terkenal atau viral.
  5. Analisis Kompetitor
    Menganalisis kompetitor sangat krusial dalam membuat campaign agar tidak salah ambil langkah, karena dari sini kamu bisa mengetahui bagaimana campaign kompetitor dinilai oleh masyarakat, apa reaksinya serta ini menjadi celah untuk memodifikasi campaign tersebut agar bisa lebih sesuai dengan target yang dituju. Perlu dicatat kompetitor hanya menjadi inspirasi bukan harus diikuti.

Itu dia #HaloKawan artikel dari rubrik Brand News Minka hari ini, semoga #HaloKawan bisa mendapatkan insightnya ya! Kalo artikel ini bermanfaat, boleh banget untuk share artikel-artikel yang ada di blog nya Haloka!


Written By: Dimas Prasetyo

Source:

  1. https://www.instagram.com/hyundaimotorindonesia/
  2. https://www.liputan6.com/otomotif/read/5225674/raih-mudik-gratis-diantarsangbintang-dari-hyundai-begini-caranya
  3. https://www.instagram.com/bintangemon/
  4. https://twitter.com/txtfrombrand?s=20
  5. https://www.hyundai.com/id/id
  6. https://sproutsocial.com/insights/marketing-campaign-ideas/
  7. https://www.inc.com/jayson-demers/7-ways-to-come-up-with-more-creative-marketing-campaign-ideas.html