Pada akhir Juli lalu, Citilink sempat kembali viral lewat video yang diabadikan oleh salah satu penumpangnya. Video tersebut menunjukkan rutinitas pantun oleh pramugara Citilink di pengeras suara sebelum pesawat mendarat.

Deretan pantun gombal oleh sang pramugara sangat menghibur dan mengundang gelak tawa penumpang pesawat Citilink.

@diana.nurcholida

Curiga pramugara nya Gamon wkwk 😂🙏🏻 @Citilink Indonesia #citilink #citilinkindonesia #citilinkpantun

♬ suara asli - matchaa🍵 - Putriekwjya
Penumpang Citilink merekam pramugara berpantun sebelum mendarat. 

Berpantun memang sudah menjadi ciri khas Citilink (setidaknya sejak 2018, saat video pantun Citilink pernah viral juga). Dengan misi “memberikan sentuhan layanan bercirikan keramahtamahan Indonesia”, rutinitas pantun di akhir penerbangan membuat pengalaman para penumpang sangat berkesan bila terbang dengan Citilink.

Hal tersebut disorot Amalia Yaksa Parijata, Vice President Marketing & Distribution Channel PT Citilink Indonesia saat Live Instagram dengan detikTravel pada 2020,

“Gerak dikit kasih pantun, mau jualan kasih pantun. Jangan lupa pakai masker ada pantunnya, tentang destinasi, Palembang, Bali, pantunnya. Itu ciri khas Citilink yang bikin kangen terbang," ucap Amalia.

Tidak hanya berpantun dalam pesawat, gaya komunikasi ini juga diterapkan di media sosial. Citilink rajin membalas komentar dengan pantun dan menjaga interaksi tetap positif, ramah, dan playful.

Citilink tetap berpantun di media sosial.
Sumber: Instagram.com/citilink

Ternyata, berpantun ini bukan hanya membuat pengalaman penumpang jadi berkesan, tapi juga sebuah upaya brand consistency untuk meningkatkan brand recognition! Apa sih maksud keduanya?

Baca Juga: Citilink Bikin Lelang Saat Penerbangan, Strategi Marketing Yang Kreatif atau Ganggu?

Pengertian Brand Consistency dan Brand Recognition

Brand consistency adalah upaya brand merepresentasikan diri mereka yang sesungguhnya lewat inti pesan (visual, lisan, tulisan) yang sama pada semua jenis channel agar dapat dilihat oleh customer dan potential customer.

Menjaga konsistensi pesan di semua platform adalah seni menonjolkan kepribadian brand, serta membuat brand dikenali dan dipercaya. Pasalnya, bisnis yang menjaga brand consistency di semua channel  sudah melihat rata-rata peningkatan pertumbuhan sampai 33 persen lho, #HaloKawan!

Nah, tujuan akhir dari melakukan brand consistency adalah brand recognition. Ketika customer sudah recognize atau mengenal brand kamu dengan baik serta memiliki pengalaman positif, mereka cenderung membeli produk dan berkomitmen untuk brand kamu dalam jangka panjang.

Selebihnya, MinKa paparkan manfaat brand consistency untuk brand kamu. Yuk simak di bawah ini!

Manfaat Konsistensi untuk Brand Recognition

Buat brand semakin dikenal

Cara penyampaian pesan yang unik dan konsisten bisa menarik perhatian khalayak, atau bahkan media bila menggunakan cara yang tidak biasa. Hal ini bisa membuat brand kamu semakin dikenal, atau mendapatkan brand recognition.

Buat brand mudah dibedakan

Cara penyampaian pesan yang unik dan konsisten serta elemen visual yang mudah dikenali membuat brand mudah dibedakan dari kompetitor, serta jadi alasan kedekatan emosional yang membuat audiens bisa memilih brandmu.

Membangun rasa percaya dan loyalitas

Menyampaikan pesan dengan konsisten tentang layanan yang kamu jual dapat meyakinkan customer akan reliabilitas produkmu, sehingga meningkatkan rasa percaya.

Ketika konsumen percaya dengan brand mu, mereka mau membagikannya kepada sesama. Penyampaian pesan yang konsisten dari brand tidak akan sia-sia karena konsumen loyal akan mengingatnya dengan baik dan dibagikan dengan benar, sehingga menghasilkan lead baru.

Untuk mencapai manfaat-manfaat di atas, #HaloKawan perlu menjaga brand consistency pada aspek berikut, seperti yang dilakukan Citilink:

  • Customer experience: pastikan pengalaman kenyamanan pelanggan tetap positif dan konsisten.
  • Values: Sampaikan pesan-pesan yang sesuai dengan kepribadian dan value brand mu secara konsisten.
  • Komponen brand identity: Tampilkan elemen visual brand mu yang unik, mudah dikenali secara konsisten agar diingat.

Lewat pantun, Citilink tak hanya memberikan customer experience yang berkesan, tetapi juga menyampaikan pesan sesuai dengan value mereka. Pantun dibawakan dengan nada ramah, lucu, dan playful sehingga membangun brand image yang positif terhadap Citilink di masyarakat, dan mudah dibedakan dengan maskapai penerbangan lainnya.

Usaha tidak membuahkan hasil #HaloKawan. Upaya brand consistency dan brand recognition Citilink mendapatkan penghargaan Branding Award dan Global Branding and Marketing Award pada ajang BUMN Branding and Marketing Award 2020.

Kesimpulan

Rutinitas pantun pada akhir penerbangan membuat Citilink mudah dikenal dan dibedakan dari merk maskapai penerbangan lainnya. Tak hanya itu, Citilink juga konsisten berpantun di media sosial mereka. Brand consistency menjadi kunci Citilink mendapatkan brand recognition di masyarakat.

Bermanfaat? Jangan lupa bagikan artikel ini kepada sesamamu! Kalau kamu ingin selalu update tentang brand news, marketing tips, dan social media update, ikuti terus HalokaTalks!


Sumber: