Kita semua pasti sudah sangat sering mendengarkan tentang perlunya unique selling point dalam menjual sebuah produk. Unique selling point adalah sebuah inti yang membedakan bisnis #HaloKawan dengan kompetitor.

Unique selling point atau poin pembeda ini sangat penting dalam dunia bisnis karena dapat menarik konsumen dengan fitur produk yang unik, serta menjadi jaminan lakunya sebuah produk. Oleh karena itu, menentukan unique selling point tak boleh luput saat mengembangkan produk.

Tapi, tak hanya soal unique selling point yang sudah ditentukan dengan baik, cara mengomunikasikannya kepada masyarakat juga jadi penting. Kali ini MinKa jajarkan beberapa iklan yang sukses mengomunikasikan unique selling point mereka ke khalayak luas. Simak selengkapnya!

1. Hack Market oleh Backmarket.co.uk

Campaign pertama yang ampuh menonjolkan unique selling point produk adalah Hack Market dari Backmarket.co.uk. Pada hari bumi, 22 April 2022, Back Market melakukan “hack” di toko Apple.

Back Market merupakan brand yang menjual gadget refurbished. Mungkin #HaloKawan sudah familiar dengan istilah ‘refurbished’, dan mengasosiasikannya dengan harga gadget yang lebih murah.

Namun, Back Market mengusung unique selling point gadget refurbished sebagai pilihan yang ramah lingkungan, karena jejak karbonnya 91 persen lebih rendah daripada memproduksi gadget baru.

Oleh karena itu, Back Market memilih hari bumi untuk “bajak” toko apple. Dengan teknologi Airdrop, pengunjung Apple yang sedang melihat iPhone diajak mengklik link backmarket.co.uk dan ditawarkan iPhone refurbished, ramah lingkungan, dengan harga lebih murah.

Campaign yang bernyali ini menoreh banyak penghargaan, di antaranya Clio Gold Award 2023 dan D&AD Yellow Pencll Award 2023.

Campaign Hack Market oleh Back Market.

2. New Jeans “ETA” shot on iPhone 14 Pro oleh Apple

Setelah sempat menggubris iPhone pada video musik “OMG”, kini New Jeans berkolaborasi dengan iPhone untuk lagu terbaru mereka “ETA” yang rilis pada Jumat (21/7/23) lalu. Pengambilan gambar video musik “ETA” menggunakan iPhone 14 Pro lho, #HaloKawan!

Kerjasama ini sangat menonjolkan unique selling point dari iPhone 14 Pro, yakni kualitas kameranya.

iPhone 14 Pro memiliki 2 fitur baru yakni “Enhanced Stabilization” dan “Action Mode” saat pengambilan gambar. Kedua fitur yang menjadi unique selling point ini disandingkan dengan koreo New Jeans yang sangat dinamis. Hasilnya, footage video musik New Jeans sangat mulus!

Selain video musik, Apple dan New Jeans juga membuat video pendek berdurasi 39 detik yang singkat, padat, jelas, menjelaskan unique selling point iPhone 14 Pro ini. MinKa sematkan videonya di bawah ini.

0:00
/
"ETA" New Jeans shot on iPhone.

3. G.T. Jump 2 dan Cut 2 oleh Nike

Selanjutnya, adalah iklan dari kedua produk Nike yang rilis pada 28 Juli 2022, yaitu G.T. Jump 2 dan G.T. Cut 2.

Kedua sepatu khusus basket ini menghadirkan unique selling point untuk membantu para pebasket melompat dan berhenti dengan kontrol di lapangan. Kedua iklan ini direpresentasikan dengan katak yang melompat tinggi (G.T. Jump 2) dan motor gede yang rem mendadak dengan lancar (G.T. Cut 2).

0:00
/
Iklan G.T. Jump 2 dan Cut 2 oleh Nike.

4. Raising Profiles oleh LinkedIn dan The Big Issue

Iklan keempat adalah “Raising Profiles” dari LinkedIn yang berkolaborasi dengan The Big Issue.

The Big Issue merupakan bisnis yang mempekerjakan tunawisma di Britania Raya untuk menjual majalah. Klien mereka adalah para pekerja kantoran.

Namun, pandemi Covid-19 memaksa para pekerja kantoran untuk bekerja di rumah, sehingga tidak bisa lagi berpapasan dengan para vendor The Big Issue untuk membeli majalah. Penjualan The Big Issue bahkan sampai tidak menghasilkan sama sekali.

Oleh karena itu, LinkedIn membantu The Big Issue untuk kembali menemukan klien mereka lewat LinkedIn. Menggunakan spesifikasi lokasi, unique selling point LinkedIn adalah dapat membawa profilmu mudah ditemui.

Para vendor The Big Issue juga diberikan pelatihan literasi digital, sehingga khatam menavigasikan LinkedIn. Dari sebelumnya hanya 1 penjualan dari 50 interaksi menjadi 1 penjualan dalam 10 interaksi saja lewat LinkedIn!

Impact LinkedIn dan The Big Issue yang besar ini menorehkan mereka penghargaan

Campaign "Raising Profiles" oleh LinkedIn dan The Big Issue.

5. Galaxy x J-Hope: Galaxy Z Flip5 oleh Samsung

Terakhir, ada iklan Samsung Galaxy Z Flip5 bersama J-Hope BTS yang menonjolkan unique selling point!

Seri Samsung Galaxy Z Flip memang unik, dan menjadi salah satu preseden yang membawa elemen lipat kembali ke smartphone. Lewat campaign Galaxy x J-Hope, Samsung menyorot bentuk Galaxy Z Flip5 yang mulus dan cakep banget bersama J-Hope yang melakukan ASMR.

Campaign Galaxy x J-Hope: Galaxy Z Flip5.

Cara Mengomunikasikan Unique Selling Point Produk

Berdasarkan contoh iklan-iklan di atas, berikut Minka juga rangkum beberapa cara untuk mengomunikasikan unique selling point produk #HaloKawan!

1. Pakai gambar yang berkualitas

Memakai gambar yang berkualitas tinggi jadi metode efektif untuk menjelaskan fitur produkmu. Banyak orang juga merupakan visual learner, sehingga menjelaskan fitur produk dengan gambar akan jauh lebih mudah.

Memberikan gambar produk juga jadi cara audiens percaya dengan brand-mu, apalagi jika berjualannya hanya online saja.

2. Gunakan bahasa deskriptif

Saat mendeskripsikan produk, gunakan kata sifat yang detail sehingga membantu customer membayangkan setiap detail produk kamu. Persuasi audiensmu secara eosional dengan memberikan naratif atau bercerita tentang produk.

3. Bahas manfaat yang didapatkan

Sebutkan manfaat dan keuntungan yang akan didapat customer bila memakai produk ini. Bahas tujuan dibuatnya fitur-fitur produk kau sehingga customer bisa membayangkan bagaimana mereka bisa menggunakannya di kehidupan sehari-hari.

4. Memberikan video demonstrasi dan cara pakai

Terakhir, untuk menunjukkan unique selling point secara akurat, kamu bisa memberikan video demonstrasi dan cara pakai.

Kesimpulan

Punya unique selling point memang penting banget, tapi cara menyampaikannya juga tidak kalah penting. Kalau unique selling point tidak bisa dikomunikasikan, konsumen tidak akan mengetahuinya.

Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada sesamamu ya! Kalau kamu ingin terus update dengan brand news, marketing tips, dan social media update, ikuti terus HalokaTalks!


Penulis: Gracia Yolanda Putri

Penyunting: Deborah Patricia

Sumber: