Siapa sih yang tidak mau tampil menarik dan cantik, #HaloKawan pasti mau kan. Nah untuk menunjang OOTD (Outfit Of The Day) #HaloKawan, wajah perlu dipoles dengan skincare agar lebih cantik dan merona sepanjang hari. Saat ini pula, rasanya perawatan wajah sudah menjadi gaya hidup, terutama bagi remaja putri.

Bulan Maret tahun 2023 ini, genap delapan tahun Emina menjadi beauty bestie bagi perempuan Indonesia. Kini Emina mulai berinovasi ke pasar remaja perempuan dengan memperkenalkan tagline baru, “Auteentic Beauty”. Sebelumnya pada tahun 2015 Emina memiliki tagline “Born To Be Loved”.

Sekarang ini, pasar remaja atau Gen-Z sangatlah potensial bagi bisnis, berdasarkan sensus penduduk tahun 2020 yang dikutip dari kompas.com, Gen-Z merupakan populasi terbesar berusia 15-24 tahun dengan persentase 27.9 persen, Milenial dengan 25.87 persen, kemudian Gen X, 21.88 persen dan Baby Boomer hanya 11.56 persen.

Emina memahami bagaimana pasar masa depan ada di tangan Gen-Z, informasi tambahan lainnya menunjukkan, bahwa Gen-Z adalah generasi yang sangat peduli dengan penampilan (kecantikan) dan kesehatan.

Tagline baru Emina “Auteentic Beauty” bertujuan untuk menjadi teman bagi remaja perempuan agar lebih percaya diri dan menjadi yang yang terbaik dari diri mereka. Selain itu, Emina dengan tagline barunya, ingin berkontribusi menjaga lingkungan dengan menciptakan produk yang sustainability.

Keharusan Beradaptasi dan Inovasi

Inovasi dan adaptasi menjadi keharusan bagi bisnis dari segi manapun untuk bisa tetap bertahan ditengah persaingan bisnis yang ketat, dengan dunia digital yang terus berubah serta perilaku konsumen yang semakin berkembang.

Inovasi mengacu pada terobosan atau ide baru yang membantu bisnis untuk mampu bergerak maju, mengacu pada inovasi model bisnis, mengeluarkan produk baru atau berbagai strategi promosi penjualan yang berbeda.

Apakah berisiko melakukan perubahan? Pertanyaan tersebut menjadi ketakutan dari suatu bisnis, kemudian muncul pertanyaan, apakah akan berhasil? Bagaimana kalau pendapatan menurun? Apa rencana lainnya jika inovasi kurang diterima oleh pasar?

Pertanyaan tersebut menghantui bisnis dan akhirnya hanya berada di zona nyaman sedangkan kompetitor sudah jauh di depan, maka dari itu inovasi dan adaptasi menjadi komitmen suatu bisnis.

Salah satu hal sederhana untuk berinovasi dan beradaptasi adalah mengeluarkan tagline yang adaptif dan fresh, seperti tagline baru dari Emina “Auteentic Beauty”.

Pentingnya Adaptasi dan Inovasi Pada Bisnis

Source: unsplash.com/Jason Goodman
Source: unsplash.com/Jason Goodman

1. Meningkatan Pertumbuhan Bisnis

Belajar dari pandemi Covid-19 beberapa tahun lalu, bisnis tidak memiliki persiapan akan mengalami penurunan secara ekonomi.

Inovasi dan adaptasi menjadi jawaban untuk mengatasi tantangan perubahan di masa depan yang semakin sulit. Memiliki inovasi serta kemampuan adaptasi membuat bisnis semakin meningkat, karena di masa depan tim akan terbiasa dengan fleksibilitas atau perubahan.

2. Melahirkan Keunikan Baru

Perkembangan zaman yang terus berubah menuntut setiap bisnis harus berpikir kreatif untuk beradaptasi dan mempunyai inovasi.

Kemampuan beradaptasi dan keberanian untuk berinovasi membantu bisnis lebih terdepan dari kompetitor, kemudian mampu melahirkan keunikan yang berbeda serta akan berkontribusi pada peningkatan brand awareness hingga pendapatan.

3. Membangun Produktivitas Team

Pentingnya inovasi dan adaptasi menciptakan team yang lebih adaptif dengan perubahan, berani belajar hal-hal baru, lahirnya menghasilkan ide-ide kreatif, mengasah creative thinking dan problem solving. Mungkin hal ini terlihat sederhana, namun ketika diterapkan, akan memberikan dampak positif bagi keberlangsungan bisnis.

Tantangan terberat bagi sebuah bisnis bukan hanya dari kompetitor saja tapi dari bisnis itu sendiri. Kenapa? karena kesuksesan suatu bisnis, berawal dari keberanian untuk mencoba melakukan inovasi dan memanfaatkan perubahan zaman menjadi ide yang kreatif dalam mencapai kesuksesan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi #HaloKawan.

Kalau kamu ingin belajar lebih banyak tentang marketing seperti, personal branding, business branding, social media marketing, communication dan lainnya. Untuk Informasi lengkapnya kamu bisa kamu bisa follow social media halokatalks.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi #HaloKawan dan jangan lupa share ke temen-temen #HaloKawan ya!


Written by: Dimas Prasetyo

Source:

  1. https://online.hbs.edu/blog/post/importance-of-innovation-in-business
  2. https://emeritus.org/in/learn/important-benefits-of-innovation-in-business/#:~:text=Innovation%20plays%20a%20key%20role,introduce%20modern%20technologies%20for%20automation.
  3. https://www.beautynesia.id/life/hadirkan-tagline-baru-auteentic-beauty-brand-lokal-emina-jadi-teman-remaja-dalam-mencari-potensi-terbaiknya/b-272245
  4. https://jeo.kompas.com/menilik-gaya-gen-z-berbelanja
  5. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6540348/doyan-belanja-online-gen-z-paling-banyak-beli-mie-instan-hingga-kabel-data