“Bom. Mulailah pengeboman. Bom seluruh kota, dan seluruh orang yang ada di dalamnya,”

#HaloKawan pasti tahu nih penggalan dialog di atas. Dialog tersebut diucapkan oleh aktris veteran Christine Hakim, yang berperan sebagai dr. Ratna Pertiwi dalam serial asal Amerika Serikat, The Last of Us (2023)!

Menyuguhkan akting yang apik, Christine Hakim memuaskan dan membanggakan seluruh warga Indonesia, khususnya para sinefil dan penggemar gim The Last of Us. Topik cameo Christine Hakim pun menjadi perbincangan hangat antara warganet pada 22-28 Januari 2023, dan jadi sejarah tersendiri untuk budaya pop Indonesia.

Melihat itu, BCA Mobile menggandeng Christine Hakim menjadi bintang iklan edisi Ramadhan yang bertajuk “Realita Ramadan dari Mata Christine Hakim #TibaTibaTenang”. Iklan berdurasi hampir enam setengah menit tersebut diproduksi dengan tutur cerita ala film. Selain banyak plot twist, iklan BCA Mobile ini menebarkan sejumlah easter egg film-film Christine Hakim yang terkenal pada masanya.

Source: https://youtu.be/o-xypJ8s2LY

Nah #HaloKawan, iklan BCA Mobile ini merupakan penerapan celebrity endorsement, sebuah strategi marketing yang menggunakan ketenaran dan citra seorang selebritas untuk mempromosikan sebuah brand atau produk. Strategi ini efektif untuk meningkatkan penjualan dalam jangka pendek, dan meningkatkan brand awareness dalam jangka panjang.

Celebrity endorsement juga efektif untuk menandai perubahan besar sebuah brand, seperti diluncurkannya produk baru, perluasan pasar, atau brand repositioning. Selain memperluas jangkauan audiens lewat ketenaran selebritas, berikut poin-poin penting yang dicapai BCA Mobile lewat celebrity endorsement.

  1. Jangkau Beragam Audiens dengan Konten Relatable
    Kampanye BCA Mobile memanfaatkan persona brand ambassador Christine Hakim sebagai aktris veteran. Lewat referensi film-film yang pernah dibintangi beliau seperti Tjoet Nja’ Dhien (1986), Pasir Berbisik (1986), The Last of Us (2023), sampai referensi video musik Badai Telah Berlalu (2022), iklan ini dapat menjangkau audiens Gen X, Milenial, dan Gen Z yang pernah menonton karya beliau. Relatable content dapat memikat audiens untuk menonton kampanye hingga akhir dan mengingat brand tersebut.
  2. Memperkuat Brand Positioning
    Brand positioning merujuk pada bagaimana sebuah brand memposisikan diri mereka sebaik mungkin kepada audiens. Kecocokan citra selebritas dan citra produk dapat menghasilkan kampanye yang efektif (Farhati dan Khan, 2011). Aktris veteran Christine Hakim memiliki citra kredibel, berpengalaman, dan bisa diandalkan. Begitupun BCA Mobile yang ingin menunjukkan citra kredibel sebagai layanan finansial yang praktis sehingga mereka memilih Christine Hakim sebagai brand ambassador.
  3. Meningkatkan Brand Awareness dan Brand Recognition
    Riset membuktikan bahwa audiens lebih mengingat sebuah kampanye apabila dibintangi seorang selebriti atau figur publik. Dibarengi dengan reiterasi manfaat produk dalam kampanye BCA Mobile seperti fitur QRIS dan Lifestyle, penggunaan Christine Hakim sebagai bintang iklan mempermudah audiens untuk mengingat dan dapat memahami kampanye BCA Mobile.
  4. Manfaatkan Timing The Last of Us (2023) dan Bulan Ramadan
    Mengajak figur publik sekelas Christine Hakim tentunya merogoh kocek yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kampanye ini mengambil kesempatan saat ketenaran Christine Hakim memuncak kembali lewat The Last of Us (2023) serta dibarengi dengan momen Bulan Ramadan. Timing berisiko seperti ini memastikan kemungkinan kampanye yang lebih sukses, high risk high return.

Tak lupa juga BCA menyisipkan inside joke mereka sendiri, yaitu pelafalan QRIS yang tak kunjung benar. Entah sengaja atau tidak, pelafalan QRIS seharusnya dibaca seperti nama Christine Hakim dan di-copywrite menjadi QRIStine Hakim pada takarir video tersebut.

Perpaduan storytelling yang menarik, lucu, dan relatable serta memanfaatkan Christine Hakim sebagai brand ambassador dengan optimal, kampanye “Realita Ramadan dari Mata Christine Hakim #TibaTibaTenang” telah ditonton sebanyak 6,8 juta kali sejak rilis di YouTube pada Minggu, 19 Maret 2023 lalu.

Kalau #HaloKawan, paling suka celebrity endorsement dengan brand apa nih? Bagikan artikel ini ke kawan-kawan kamu agar mereka juga tahu manfaat celebrity endorsement, ya!


Written by: Gracia Yolanda Putri

Source:

  1. https://youtu.be/o-xypJ8s2LY
  2. https://twitter.com/pipis/status/1638017509294247936
  3. https://corp.kaltura.com/blog/celebrity-endorsement/#:~:text=According%20to%20Forbes%20contributor%20Steve,market%20expansion%2C%20or%20brand%20repositioning.
  4. https://id.wikipedia.org/wiki/Christine_Hakim
  5. https://flexible.falmouth.ac.uk/resources/pros-and-cons-of-celebrity-endorsement
  6. https://smallbusiness.chron.com/five-advantages-using-celebrities-advertising-34394.html
  7. https://martinroll.com/resources/articles/marketing/branding-and-celebrity-endorsements/
  8. https://www.researchgate.net/publication/317561256_Celebrity_Endorsement_Influence_on_Brand_Credibility_A_Critical_Review_of_Previous_Studies