#HaloKawan tahu nggak sih cara pakai social blade untuk cek performa calon KOL? KOL atau Key Opinion Leader penting untuk sebuah brand yang ingin meningkatkan brand awareness maupun sales. Pemilihannya tidak bisa sembarangan loh! Harus melalui riset dan pertimbangan yang matang supaya tidak menyesal kemudian. Dalam artikel ini, kita akan cari tahu cara mengecek performa KOL incaran sebelum memutuskan benar-benar menggunakan mereka.

Source: socialblade.com


Saat ini dari brand kecil hingga brand besar berlomba-lomba untuk menampilkan KOL pilihan mereka. Sebenarnya apa saja sih manfaat brand menggunakan KOL?

  1. Menciptakan kesadaran merek
    KOL yang dipilih dapat memberikan dukungan positif yang dapat meningkatkan citra merek dan kepercayaan konsumen.
  2. Memperluas jangkauan
    Jika KOL memiliki power yang besar dan memiliki jangkauan audiens yang luas, otomatis brand kita semakin dikenal oleh banyak kalangan. Audiens KOL dapat menjadi kolam baru (pasar baru) sebuah brand untuk memperoleh konsumen.
  3. Penjualan meningkat
    Setiap orang punya alasan mengikuti figur tertentu di sosial media, termasuk karena suka dengan gagasannya. Pentingnya KOL yang memberikan pendapat terkait sebuah produk atau layanan terhadap persepsi pengikutnya. Jika mampu membangun persepsi audiens dengan baik, bisa meningkatkan konversi di bagian sales juga loh!

Lalu bagaimana cara melihat performa KOL sebelum benar-benar menggunakannya? #HaloKawan bisa menggunakan Social Blade. Social Blade merupakan sebuah situs untuk menganalisa media sosial seperti Instagram, Tiktok, YouTube, dan masih banyak lagi. Dengan bantuan situs ini, data-data yang ditampilkan dapat menjadi acuan dalam memilih KOL.

Caranya sangat mudah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Registrasi akun
    Pertama bisa registrasi akun terlebih dahulu di socialblade.com. Perlu registrasi agar kita bisa mengakses banyak fitur yang dimiliki situs ini. Fitur yang tentunya sangat berguna dalam pemilihan KOL. Memangnya kenapa kalau tidak registrasi? Data akan ditampilkan secara blur oleh social blade.
  2. Mulai pencarian
    Setelah registrasi bisa mulai menulis nama akun KOL. Pastikan memasukkan nama yang tepat lalu klik ikon “cari” di sebelah kanan atas.
  3. Membaca Data
    Jika melacak Instagram, situs akan menampilkan data lengkap terkait akun, beberapa di antaranya engagement rate, average likes, average comment, bahkan pertumbuhan followers akun. Engagement rate (ER) bisa digunakan untuk melihat seberapa menarik akun Instagram. Semakin tinggi ER, bisa dibilang audiens semakin menyukai akun. Average likes dan comments bisa menunjukkan seberapa banyak orang tertarik ikut mengapresiasi postingan akun.
    Pertumbuhan followers bisa menjadi acuan untuk melihat seberapa baik pertumbuhan followers, jika followers baru-nya lebih banyak dari unfollowers artinya baik. Soalnya jumlah pengikut menjadi salah satu faktor penting untuk menentukan kesuksesan strategi marketing.

“Cuman bisa lacak Instagram aja ya, Minka?”

Source: socialblade.com


Social blade tidak hanya dapat mengecek informasi penting terkait performa Instagram. Sesuaikan pelacakan dengan platform yang akan digunakan untuk berkolaborasi dengan KOL. Saat ini paling sering Instagram, Tiktok, dan YouTube.  Jika ingin melihat performa media lainnya seperti YouTube, bisa klik pada sisi sebelah kanan atas dengan segitiga terbalik, maka akan muncul daftar media yang bisa dilacak. Data yang akan muncul juga akan berbeda sesuai dengan platformnya. Sebagai contoh untuk data YouTube selain performa juga akan menampilkan data penghasilan YouTuber tersebut.

Keren banget kan #HaloKawan social blade? Semoga #HaloKawan bisa mendapatkan KOL yang cocok ya! Bermanfaat? jangan lupa untuk di share ke temen-temen kamu yang membutuhkan informasi ini!


Written by: Annisa Widi Astuty

Source:

  1. https://tekno.tempo.co/read/1687471/cara-menggunakan-social-blade-untuk-cek-penghasilan-youtuber
  2. https://www.upfluence.com/influencer-marketing/kol-key-opinion-leader