Hai-hai #HaloKawan! Sebelumnya Minka mau nanyaaa dulu, #HaloKawan pasti pernah dong menikmati makanan khas Sumatera Barat:Nasi Padang?

Nasi padang sangat terkenal dengan kelezatannya dan diminati oleh banyak orang. Selain di Sumatera Barat, nasi padang ini bisa #HaloKawan temui di warung makan Padang yang tersebar di hampir seluruh Indonesia loh.

Nahhh, kali ini Minka jelasin lewat case study dari seorang YouTuber yang dinobatkan sebagai Duta Nasi Padang, Arief Muhammad, yang membuka bisnis kuliner khas Minangkabau di kawasan Ciater Raya, Serpong, Tangerang Selatan. Rumah makan dengan tagline #YoSabanaLamak itu sudah dibuka untuk umum lohh.

Ngomongin soal cara kampanye yang dilakukan untuk memperkenalkan brand makanan ini terbilang sangatlah unik karena menggunakan cara yang tak terduga. Kalau dalam dunia marketing, kampanye yang dilakukan tersebut menggunakan pendekatan Spokesperson! Spokesperson adalah orang yang memberikan pesan mengenai suatu produk dan dianggap sebagai sumber dari suatu pesan. Spokesperson juga sebagai pengiklan memiliki pengaruh utama pada kepercayaan (credibility) suatu pesan. Secara Arief Muhammad sangat atraktif di mata followersnya jadi penting agar pesan-pesan dalam kampanye tersebut lebih diperhatikan oleh followersnya.

Strategi Spokesperson bisa HaloKawan aplikasikan untuk membangun bisnis lohh! Kita coba bahas lebih lanjut dengan mengambil contoh rumah makan Arief Muhammad yuk!

  1. Membangun Awareness
    Hal yang membuat kampanye ini tidak terasa seperti kampanye adalah karena kebiasaan Arief Muhammad  yang bahkan sebelum diangkat menjadi Duta Nasi Padang, Ia sering  berdebat dengan para pengikut di Instagramnya terkait makan nasi padang pakai tangan vs pakai sendok. Dari situ, terbangun awareness Arief sebagai “Si Paling Nasi Padang”
  2. Menciptakan Interest
    Setelah mendapatkan awareness dari followersnya. Arief menjaga minat para konsumen dengan menciptakan interest terhadap brandnya dengan cara Arief bertemu dengan Wakil Gubernur Sumatera Barat. Ia dinobatkan sebagai Duta Nasi Padang, yang mana membuat muncul bibit Padang Payakumbuah.
  3. Marketing Out of The Box
    Saat launching brandnya, Arief menggunakan balon udara bertuliskan Padang Payakumbuah guna mengenalkan restoran ini ke masyarakat. Arief juga memberikan giveaway naik balon udara gratis untuk 10 orang followersnya.
  4. Community Marketing
    Arief melibatkan followersnya pada proses pembuatan Padang Payakumbuah dengan melakukan banyak interaksi dan campaign online. Ia juga membuat hastag #YoSabanaLamak dan tema-tema mingguan yang menarik sehingga membuat masyarakat semakin penasaran.

Menarik banget kan HaloKawan pendekatan yang digunakan sama rumah makan Padang Payakumbuah ini. Langsung coba strateginya ya #HaloKawan! Yang udah coba boleh sharing lewat kolom komentar dibawah ini ya!


Written by: Dede Wardani

Source:

  1. Alifya. 2020. Analisis Kredibilitas Ayana Moon sebagai Spokesperson Wardah Beauty Cosmetics Berdasarkan Perspektif Konsumen. Bandung: Universitas Telkom.
  2. Chafilaudina S,P., Soegiarto A. 2021. Perencanaan Strategis Program Kampanye Public Relations Narasi TV Melalui Hastag #Jadipaham. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
  3. https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/157/05.2 bab 2.pdf?sequence=8&isAllowed=y