Era bisnis saat ini tidak lagi hanya berfokus pada keuntungan yang didapatkan konsumen melainkan impact apa yang bisa diberikan kepada masyarakat luas, salah satunya yang sangat menjadi concern sekarang ini adalah kepedulian terhadap lingkungan.

Unilever Indonesia adalah brand yang secara bertahap mulai berkomitmen untuk mewujudkan kepedulian terhadap lingkungan dengan melahirkan program “Every U Does Good Heroes”.

Program tersebut merupakan bagian dari kampanye global yang sudah berlangsung sejak 2021 dan berlanjut ke tahun 2022. Program ini bertujuan untuk mengajak lebih banyak generasi muda dalam membawa perubahan terhadap lingkungan, dan membantu masyarakat menyadari perubahan iklim dengan cara-cara yang sederhana.

Program Every U Does Good Summit adalah pembekalan ilmu sociopreneurship dari para mentor-mentor berpengalaman bagi sepuluh anak muda yang terpilih, seperti menguatkan mindset, mampu mempertajam purpose dan memiliki kekuatan berpikir dengan kacamata bisnis untuk menciptakan kolaborasi, strategi dan lain sebagainya.

Pada bulan Maret tahun 2023 ini, sudah terpilih sepuluh anak muda yang menjadi “Every Does Good Heroes 2022”.

Generasi muda memiliki kepedulian tertinggi terhadap isu-isu lingkungan dan sosial. Hal ini didukung dari dari Indonesia Millennial dan Gen-Z report 2022 yang dimuat pada September 2022, dimana sekitar 67% Milenial dan 66% Gen-Z bersedia mengeluarkan biaya lebih besar untuk membeli suatu produk yang berdampak baik terhadap keberlangsungan lingkungan.

Selain itu, ada fakta menarik dari Milenial dan Gen-Z, studi databooks, menunjukkan bahwa, 36,2% dari mereka akan membeli produk atau memilih suatu brand yang mempunyai visi dan misi untuk memperbaiki lingkungan dan sosial.

Pengertian Movement Marketing

Kampanye sosial atau movement marketing adalah pendekatan marketing yang mengesampingkan penjualan produk atau layanan, dan berfokus pada ide promosi untuk melakukan perubahan pada suatu masalah yang diakui secara luas.

Antara Income dan Keberlanjutan Masa Depan

Membuat kampanye sosial terbilang cukup menantang. Dikutip dari survei sortlist.com, sekitar 30% manajer pemasaran mengakui bahwa menjalankan kampanye sosial begitu menantang dan memiliki risiko yang cukup tinggi, kemudian 60% mulanya mereka menguji kampanye sebelum diluncurkan, kemudian 30% lainnya ragu.

Menurut Martin Seeley, CEO MattressNextDay, penting untuk diingat, sebelum membuat kampanye sosial, bisnis atau brand harus memahami segala aspek yang ada pada masalah yang akan diselesaikan, jika dilakukan dengan salah akan menurunkan citra brand dan berdampak mendapatkan pandangan negatif dari konsumen. Pilih kampanye sosial yang relevan dengan brand.

Komitmen jangka panjang dari brand ketika membuat kampanye sosial, dinilai dari bagaimana brand mampu mempertahankan value yang sudah dibentuk dan menyelaraskan dengan kampanye yang dibuat.

Unilever Indonesia memiliki keberanian yang bisa dijadikan inspirasi oleh brand lain untuk lebih peduli terhadap isu-isu yang dekat dengan masyarakat (isu lingkungan dan sosial) yang terkadang masih ragu untuk menciptakan inovasi.

Alasan Brand Harus Melakukan Movement Marketing

Movement Marketing
Source: Photo by Windows on Unsplash

Keyakinan konsumen untuk membeli suatu produk sangat beragam. Namun ketika brand mempunyai kampanye sosial, akan memiliki dampak yang positif bagi pertumbuhan brand, antara lain.

  1. Mengubah pandangan terhadap bisnis
  2. Meningkatkan engagement
  3. Membangun trust konsumen
  4. Menaikkan penjualan dan memberikan peluang menciptakan produk baru
  5. Meningkatkan value brand terhadap konsumen
  6. Mempunyai daya tarik untuk bersaing
  7. Membangun hubungan emosional dengan konsumen

Setiap brand yang harus jeli melihat peluang, ikuti trend serta keberanian untuk mengambil inisiatif yang berbeda agar tetap mampu bertahan di tengah persaingan yang semakin ketat. Ketika ketiga hal tersebut sudah mulai diimplementasikan, brand akan lebih mudah menuju kesuksesan.

Bila #HaloKawan ingin mempelajari dunia marketing lebih mendalam seperti personal branding, social media marketing business branding, communication dan masih banyak lagi, lengkapnya #HaloKawan bisa follow social media halokatalks.

Kalau suka artikel ini jangan lupa share ke teman-teman #HaloKawan ya.


Written by: Dimas Prasetyo

Source:

  1. https://sarahmoon.net/movement-marketing/
  2. https://www.sortlist.com/datahub/reports/social-movements-mean-more-than-money-to-brands/
  3. https://www.legalzoom.com/articles/movement-marketing-how-brands-can-play-a-role-in-social-movements
  4. https://www.marketeers.com/cara-unilever-indonesia-dorong-anak-muda-bawa-perubahan/
  5. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/09/16/survei-banyak-anak-muda-semakin-peduli-terhadap-lingkungan
  6. https://www.imgs.idntimes.com/
  7. https://www.unilever.co.id/news/press-releases/2022/unilever-kembali-gelar-every-u-does-good-heroes-2022/