Iklan menarik dengan format video sudah banyak sekali digunakan sebagai media promosi brand. Dilansir dari data yang dihimpun oleh Datareportal, pada Januari 2022, sebanyak 24,8% dari pengguna internet rentang usia 16-64 mengetahui sebuah brand dari menonton video yang sudah dibuat oleh brand tersebut. Angka ini berada pada posisi kedua setelah pengguna mengetahui sebuah brand dari mengecek langsung ke website brand.

Baru-baru ini, ACE Hardware Indonesia pun memanfaatkan cara beriklan lewat video ini dipostingan terbaru media sosial mereka. Dilansir dari Twitter @ACEIndonesia, video iklan ini memperkenalkan Brand Ambassador pertama mereka yaitu suami-istri Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morscheck. Gebrakan ACE Hardware Indonesia ini memang bukan sebuah hal yang baru, namun konten yang dibuat tetap mengikuti tren yang ada dan juga relateable ke kehidupan rumah tangga sehari-hari.

Source : https://twitter.com/ACEIndonesia/status/1639293004610502656
Source : https://twitter.com/ACEIndonesia/status/1639293004610502656

Iklan berdurasi 2 menit 53 detik tersebut dibuat oleh Dimaz Muktiarto pemilik akun Twitter @dimaztiart dan tim yang juga memposting video iklan tersebut di linimasanya. Bercerita tentang Sabai, istri Ringgo yang merasa kesal dengan kelakuan dari suaminya. Kekesalan tersebut diluapkan oleh sang istri di gulungan tisu toilet dengan menuliskan apa saja yang membuatnya kesal. Dari sana Ringgo yang sedang BAB dan ingin menggunakan tisu lantas beralih fokus untuk membaca curhatan istrinya tentang kehidupan rumah tangga mereka.

Dari konten video iklan ACE Hardware Indonesia ini banyak sekali hal menarik yang #HaloKawan dapatkan loh. Tentunya MinKa yakin kalau #HaloKawan juga banyak menangkap apa yang ingin disampaikan ACE Hardware Indonesia dengan iklannya ini. Kali ini, MinKa juga merangkum beberapa hal yang menarik dari iklan ini yang bisa #HaloKawan terapkan saat membuat konten video iklan.

Konten yang Relateable

Sebagai pengenalan Brand Ambassador pertama dan kampanye Ramadan ACE Hardware Indonesia, video iklan ini menarik sekali untuk dibahas. Apalagi isi konten video yang relateable dengan kehidupan rumah tangga sehari-hari membuat konten seperti ini tidak hanya bisa dinikmati saat Ramadan saja, namun bisa memiliki masa yang panjang.

#HaloKawan bisa juga nih terapin konten dari kejadian sehari-hari yang relateable seperti video iklan ACE Hardware Indonesia ini untuk menarik audiens yang lebih luas lagi. ACE Hardware Indonesia sendiri melalui video iklan ini mengusung konten relateable dari sisi negatif kehidupan rumah tangga sehari-hari di mana istri merasa kesal dengan kelakuan suaminya dan bagaimana cara suami menenangkan kembali istrinya.

Copywriting yang Cerdas

Dengan konten yang dibuat relateable, video iklan ACE Hardware Indonesia ini menjadi lebih menarik dengan copywriting yang cerdas. Jika #HaloKawan perhatikan, ada beberapa copywriting menarik seperti plesetan yang ngetren seperti “ACE terus” yang merupakan plesetan dari es terus, penggunaan kata berulang seperti “bisa” yang merupakan hashtag usungan iklan ini dan “A C E” pada saat adegan kuis.

Source : https://twitter.com/ACEIndonesia/status/1640252421564952577
Source : https://twitter.com/ACEIndonesia/status/1640252421564952577

Penggunaan copywriting yang simpel namun mengena akan membuat audiens merasa lebih dekat dengan video iklan yang dibuat juga dengan brand ataupun kampanye yang sedang berjalan tersebut. Membuat copywriting yang menarik merupakan hal yang wajib #HaloKawan lakukan agar konten yang dibuat akan menjadi engaging dan menaikkan interaksi dengan brand #HaloKawan.

Humor yang Sederhana

Dalam video iklan ACE Hardware Indonesia ini, pemilihan cast Ringgo serta penggunaan copywriting seperti plesetan membuat konten video iklan ini menjadi ringan dan tersisipkan humor. Penggunaan humor dalam konten marketing tentunya memiliki nilai tambah sendiri dalam meningkatkan brand awareness serta menariknya suatu konten.

Humor yang disisipkan tidak hanya melalui dialog ataupun adegan lucu namun bisa juga melalui ekspresi muka seperti di iklan ini di mana istri yang hampir selalu memasang muka menganga dan melotot dengan kelakuan suaminya. Seperti yang sudah dibahas juga tentang Konten Humor untuk Marketing di artikel sebelumnya, #HaloKawan dapat membuat konten yang banyak diminati terlebih jika humor disisipkan pada konten dengan tepat.

Product Placement yang Ciamik

Hal terakhir yang tidak kalah menarik. Konsep kehidupan rumah tangga sehari-hari dengan pengambilan tempat di rumah menjadikan video iklan ini dapat maksimal dalam product placement. ACE Hardware Indonesia merupakan ritel furnitur dan usungan video iklan di rumah merupakan perpaduan yang pas untuk memperkenalkan beberapa produk mereka tanpa terang-terangan melakukan penjualan.

Ide yang menarik untuk membuat sebuah video iklan lebih baik jika sesuai dengan brand atau produk yang #HaloKawan miliki. Hal ini akan membuat konten video iklan tersebut memiliki harmoni antara brand dan cerita yang dibawa sehingga penonton pun akan mendapatkan iklan dengan pendekatan soft selling namun tetap terhibur dengan cerita yang disampaikan.

Pembuatan video iklan tentunya bukan suatu hal yang instan dan mudah untuk dilakukan. Perlu banyak riset dan kematangan ide agar video iklan dapat memiliki pesan yang menarik untuk penonton namun tetap memiliki misi marketing untuk brand #HaloKawan. Dari video iklan ACE Hardware Indonesia ini, #HaloKawan dapat melihat jika konten yang dibuat relateable ditambah dengan copywriting serta selipan humor akan membuat sebuah video iklan yang tidak membosankan. #HaloKawan bisa banget coba untuk terapin beberapa atau semua cara yang dilakuin di iklan ini.

Buat #HaloKawan mau tahu lebih dalam tentang personal branding, bisa banget belajar dari modul Haloka Talks dengan klik dan enroll materi Building Your Personal Branding di sini ya!

Semoga konten ini bisa bermanfaat buat #HaloKawan dan kedepannya MinKa pasti akan selalu ngasih banyak info-info bermanfaat lainnya seputar Brand News, Marketing Tips, dan Social Media Updates. Terakhir, #HaloKawan jangan lupa untuk share tulisan ini ke temen-temen yang lain ya!


Written by : Indra Kurniawan

Source:

  1. https://twitter.com/ACEIndonesia/status/1640252421564952577
  2. https://wolipop.detik.com/entertainment-news/d-6640379/biar-disayang-istri-ringgo-agus-pilih-ace-untuk-kebutuhan-rumah
  3. https://www.tribunnews.com/lifestyle/2023/03/27/relate-dengan-banyak-pasangan-suami-istri-ringgo-sabai-jadi-brand-ambassador-pertama-ace-indonesia
  4. https://datareportal.com/reports/digital-2022-global-overview-report