Buat #HaloKawan yang beauty enthusiast, apakah ada yang akhir-akhir ini sering menonton konten Barenbliss?  Brand asal Korea ini memang lagi hype banget dengan kualitas jempolan dan agenda live rutin mereka baik di marketplace maupun TikTok. Testimoni produknya bikin kita semua pengen coba produknya ya!

Yang menurut MinKa unik adalah fakta bahwa Barenbliss merupakan brand Korea yang strategi marketing-nya benar-benar ngena ke konsumen Indonesia. K-Beauty memang terkenal dengan kualitas produk kecantikan yang tidak main-main, tapi kok K-Beauty a la Barenbliss bisa terjangkau di masyarakat?

Nah, makanya kali ini MinKa ingin membahas soal Barenbliss dan Brand Positioning mereka yang oke banget. Ikuti terus ya!

Awal Mula Berdirinya Barenbliss

Barenbliss atau dikenal sebagai BNB merupakan brand makeup yang didirikan oleh Jina Kim, seorang Makeup Artist (MUA) asal Korea Selatan. Pernah memenangkan Asia International Beauty Olympic Dream Makeup Award pada 2004, Jina Kim adalah MUA terkenal yang sudah dipakai K-Pop Idol: Red Velvet, T-Ara, dan Sistar.

Jina Kim sempat berkarir sebagai MUA selama 17 tahun. Namun, ia merasa tidak ada produk yang benar-benar cocok dengan style tata riasnya. Akhirnya, Jina Kim memiliki untuk menciptakan produk sendiri, yakni Barenbliss yang resmi diedarkan di pasar Indonesia pada 25 Agustus 2021!

Barenbliss sendiri adalah singkatan dari “Bare Essentials, No Harm, dan Bliss Moments”. Lewat produknya, mereka ingin mendefinisikan ulang formula produk perawatan wajah, dan membawa keajaiban lewat riasan wajah K-Beauty. Mantap banget brand statement-nya, #HaloKawan!

Pada September 2022 lalu, beberapa produk kecantikan Barenbliss sempat viral di TikTok. Di antaranya  Peach Makes Perfect Lip Tint, Soul-Matte Loose Powder, dan True Beauty Inside Cushion.

Dengan niche dan brand statement yang mantap, Barenbliss sekarang jadi leading K-Beauty yang terjangkau di Indonesia #HaloKawan. Semua ini bisa dicapai dengan brand positioning yang kuat!

Brand Positioning adalah usaha pemilik bisnis dalam merancang produk dan strategi pemasaran yang bisa menciptakan kesan tertentu di benak konsumen. Agar bisa menanam kesan positif, brand harus pandai menyampaikan nilai-nilai unik dan apa yang membuat mereka beda dari brand lain agar menjadi top of mind konsumen ketika memilih produk.

Baca Juga: 6 Jenis Strategi Brand Positioning Agar Brandmu Jadi Top of Mind!

Penasaran bagaimana Barenbliss melakukan brand positioning mereka? Yuk simak usaha-usahanya di bawah ini!

Usaha Brand Positioning yang Apik a la Barenbliss

1. Menjadi brand K-Beauty yang aksesibel

K-Beauty beredar di Korea Selatan ya sudah biasa. Tapi, brand K-Beauty yang beredar di Indonesia, masih jarang ada!

Barenbliss menyadari kalau banyak yang antusias dengan K-Beauty di Indonesia. Mulai dari teknik ombre lips, menggambar aegyosal, sampai gaya blush yang sangat tipis, cara-cara makeup ini sering digunakan orang Indonesia. Tapi, untuk mendapatkan produk K-Beauty dari korea masih susah dan harganya kurang terjangkau.

Oleh karena itu, Barenbliss memastikan kalau produk K-Beauty mereka mudah didapatkan lewat e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. Mereka juga tersedia secara offline di Sociolla atau melalui reseller di berbagai daerah.

Tidak hanya itu, mereka juga melihat kesempatan untuk tap in negara Asia Tenggara lainnya yang juga antusias dengan K-Beauty seperti Malaysia, Filipina, dan Thailand.

2. Mengusung tema “genderless beauty” dengan Gabriel Prince

Video campaign Barenbliss dengan Gabriel Prince

Jika biasanya produk kecantikan identik dengan wanita, Barenbliss mencoba membedakan diri dengan mengusung tema “genderless beauty” dalam campaign-nya.

Barenbliss menggandeng selebgram Gabriel Prince menjadi Makeup Muse lho! Barenbliss ingin menyampaikan bahwa mereka menghadirkan genderless makeup yang bisa dipakai oleh perempuan dan laki-laki. Selain itu, Barenbliss mencoba menghadirkan warna yang cocok untuk semua jenis kulit orang Indonesia.

Barenbliss percaya bahwa K-Beauty adalah untuk semua orang. Siapapun berhak, termasuk laki-laki, untuk mengeksplor K-Beauty dan menemukan ragam warna makeup untuk menunjukkan penampilan terbaik.

Baca Juga: Cara Menulis Brand Positioning Statement Beserta Contohnya!

3. Mengedepankan Clean Beauty dan produk cruelty free

Edukasi Clean Beauty di Instagram Barenbliss
Sumber: Instagram.com/barenbliss_id

Selain memiliki unique selling point yang niche seperti K-Beauty, Barenbliss juga menjamin produk mereka Clean Beauty. Mengutip situs resminya, produk Barenbliss diformulasikan dengan bahan alami yang telah lolos uji laboratorium.

Barenbliss tidak menggunakan sampai 100 lebih bahan yang berpotensi membuat kulit iritasi dan menyakiti makhluk hidup lain. Bahkan, Barenbliss tidak menggunakan alkohol, mineral oil, dan talc dalam formulasi produknya.  

Barenbliss percaya kalau formula produk yang disertai uji sains dapat ampuh menyehatkan kulit wajah. Pesan ini sering disampaikan melalui konten di media sosial mereka. Konsumen tidak perlu takut soal keamanan produk lagi deh kalau memakai Barenbliss!

Dengan usaha-usaha brand positioning di atas, Barenbliss berhasil menanamkan kesan kepada konsumen kalau mereka adalah pilihan makeup K-Beauty yang terjamin kualitasnya serta ramah kantong! Menarik, bukan?

Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa bagikan kepada sesamamu ya! Kalau #HaloKawan tidak ingin ketinggalan informasi brand news, marketing tips, dan social media updates, ikuti terus HalokaTalks!


Penulis: Annisa Widi Astuty

Penyunting: Gracia Yolanda Putri

Sumber:

  • Brand kosmetik asal Korea Selatan Barenbliss resmi hadir di Indonesia (Agustus 2021), https://www.antaranews.com/berita/2350362/brand-kosmetik-asal-korea-selatan-barenbliss-resmi-hadir-di-indonesia#:~:text=Jakarta%20(ANTARA)%20%2D%20Barenbliss%20yang,telah%20resmi%20diluncurkan%20di%20Indonesia.
  • Dukung Genderless Beauty, barenbliss Gandeng Gabriel Prince Jadi Makeup Muse (Oktober 2022), https://www.ladiestory.id/barenbliss-gandeng-gabriel-prince-jadi-makeup-muse-70236
  • Siapa Pemilik Barenbliss, Brand Kecantikan Langganan Idol Korea Selatan (Maret 2023), https://lintasbabel.inews.id/read/262544/siapa-pemilik-barenbliss-brand-kecantikan-langganan-idol-korea-selatan/3
  • Barenbliss on Instagram, https://www.instagram.com/barenbliss_id/
  • Barenbliss Produk Mana? Ini Rekomendasi Produknya yang Viral (Februari 2023) https://kumparan.com/hello-ladies/barenbliss-produk-mana-ini-rekomendasi-produknya-yang-viral-1zmu2gFFRoj/3
  • VIRAL: Produk Barenbliss yang Jadi Incaran Para Tiktokers! (September 2022) https://www.beautyhaul.com/blog/viral-produk-barenbliss-yang-jadi-incaran-para-tiktokers
  • Apa Itu Brand Positioning dan Bagaimana Strategi Positioning Produk yang Baik untuk Bisnis Anda? (Desember 2022), https://www.xendit.co/id/blog/apa-itu-brand-positioning/#:~:text=Brand%20positioning%20adalah%20tindakan%20perusahaan,yang%20diingat%20di%20benak%20konsumen