#HaloKawan sudah tahu weekend ini ingin menonton series apa? MinKa punya rekomendasi nih, yaitu K-Drama “Celebrity” di Netflix!

Drama Korea satu ini sangat unik karena mengungkapkan sisi gelap para influencer di Korea Selatan. Di balik dunia gemerlapan para influencer, ternyata banyak drama saling fitnah, memanfaatkan sesama teman dan saling suap sana-sini.

Melansir Databoks, “Celebrity” merupakan series non-bahasa Inggris terpopuler selama 3-9 Juli 2023, lho, dengan durasi total ditonton selama 49,9 juta jam di seluruh dunia!

Penasaran? Kira-kira begini garis besar ceritanya.

Sinopsis “Celebrity”

“Celebrity” menceritakan Seo A Ri (diperankan oleh Park Gyu Young) yang tidak sengaja terjerumus ke dalam dunia influencer karena “teman” lamanya. Ingin memutar nasib hidupnya, Seo A Ri pun memutuskan untuk memulai karirnya sebagai influencer di Instagram.

Berawal dari 0 followers, Seo A Ri membangun karirnya sebagai selebgram dengan kepribadiannya yang to the point, jujur, dan agak misterius. Cara komunikasinya yang transparan membuat ia digandrungi para netizen Korea Selatan hingga menjadi influencer papan atas.

Namun dalam perjalanannya, banyak pihak yang tidak suka dengan kesuksesan Seo A Ri, salah satunya Gabin Society, yang merupakan circle influencer papan atas yang dihormati oleh netizen negeri ginseng. Merasa dilangkahi, banyak skandal terjadi antara Seo A Ri dan Gabin Society.

Trailer "Celebrity"

“Celebrity” memiliki 12 episode dengan tempo cerita yang lumayan cepat dan mudah dimengerti. Konfliknya yang padat dan banyak plot twist tak terduga akan membuat #HaloKawan tak sabar menonton episode selanjutnya.  

Tapi, menurut MinKa yang menarik adalah pelajaran yang bisa diambil tentang peran para influencer di media sosial lewat serial ini. MinKa sudah merangkum beberapa pelajaran yang bisa kita petik. Yuk simak di bawah ini!

Baca Juga: KOL Marketing: 3 Tips Mudah Menentukan dan Memilih KOL!

Belajar tentang Peran Influencer lewat “Celebrity”

1. Jenis-jenis influencer berdasarkan jumlah followers

Dari perjalanan Seo A Ri, kita bisa melihat bahwa jumlah followers menentukan prestise seorang influencer serta opportunity brand deals yang mereka dapatkan. Jumlah followers sampai bisa menentukan circle pertemanan lho, seperti Gabin Society.

Jumlah followers merupakan hal yang penting dalam influencer/ social media marketing karena semakin banyak followers, semakin luas jangkauan campaign yang mereka lakukan ke target audiens. Selain itu, influencer dengan banyak followers dianggap lebih disukai audiens karena lebih populer.

Berikut jenis dan ciri-ciri influencer berdasarkan jumlah followers-nya!

  • Mega influencer

Mega influencer memiliki lebih dari 1 juta followers di setiap platform media sosial yang ia gunakan. Biasanya, seorang mega influencer adalah celebrity seperti aktor/aktris, atlet, musisi, atau bintang acara televisi yang sudah memiliki komunitas fanbase berdedikasi.

Biasanya, mega influencer mengadvokasi brand tertentu yang sesuai branding mereka saja, dengan biaya kerjasama yang mahal.

  • Macro influencer

Macro influencer memiliki 40 ribu - 1 juta followers di media sosial, dan biasanya merupakan B-list celebrity atau ahli bidang tertentu yang berhasil menumbuhkan jumlah pengikutnya.

Brand lebih suka bekerjasama dengan macro influencer dari pada mega influencer karena lebih mudah diajak berkomunikasi, serta sudah memiliki high profile di sosial media yang bisa memengaruhi brand awareness audiens.

  • Micro influencer

Micro influencer memiliki 1000 - 40 ribu followers di media sosial. Biasanya, mereka memiliki pengetahuan yang mendalam pada sebuah bidang namun tetap bisa relate dengan banyak orang.

Micro influencer mampu memengaruhi brand awareness audiens, dan paling mudah membangun interaksi dengan audiens daripada jenis influencer lain. Faktanya, micro influencer menciptakan engagement 60% lebih banyak daripada macro influencer. Para marketer juga untung karena biaya kerjasama dengan micro influencer bisa lebih murah.

  • Nano influencer

Terakhir, nano influencer memiliki kurang dari 1000 followers di media sosial. Tapi, biasanya mereka adalah ekspertise dalam bidang yang mereka geluti. Dengan followers sedikit dan topik yang  niche, brand lebih jarang mengajak bekerjasama.

Tapi, kalau target brand audiens brand #HaloKawan memang niche, jangan segan untuk pilih nano influencer!

2. Mendorong audiens melakukan konversi

Sesuai judulnya, influencer tingkat celebrity punya kemampuan untuk membuat audiens langsung konversi.Endorse dari celebrity sangat efektif meningkatkan penjualan brand.

Celebrity mampu mendorong conversion.
Sumber: YouTube.com/Netflix Indonesia

Seo A Ri dan Gabin Society punya banyak follower dan pengaruh untuk bisa membuat produk yang mereka endorse langsung terjual habis dalam sekejap!

Ini sebabnya 92% marketer berpendapat kalau influencer marketing sangat efektif untuk brand! (Influencer Marketing Hub, 2019)

3. Audiens suka dengan influencer yang autentik

Sumber: YouTube.com/Netflix K-Content

Seo A Ri menjaga autentisitas dirinya dengan melakukan review untuk semua barang yang ingin ia endorse satu per satu, sehingga review-nya kredibel.

Makin banyaknya influencer di media sosial saat ini membuat audiens semakin memilah influencer autentik yang bisa mereka percayai. Pastikan influencer yang kamu ajak kerjasama selalu review produk dengan jujur dan berintegritas ya, #HaloKawan!

4. Pentingnya memilih influencer yang relevan untuk brand

Relevan di sini tak hanya soal values yang sejajar, tapi juga sesuai gaya hidup influencer.

Seo A Ri (Park Gyu Young) pandai memadupadankan busana.
Sumber: Instagram.com/Netflixkr

Seo A Ri jagonya endorse brand fashion. Sesuai dengan value-nya yang jujur dan to the point, ia lebih sering merekomendasikan brand yang berkualitas dengan harga terjangkau.

Itu sebabnya, banyak brand fashion harga miring memilih bekerjasama dengan Seo A Ri untuk mendapatkan brand awareness.  

Ketika kamu memasangkan produk yang masuk ke dalam gaya hidup influencer, campaign marketing mereka tidak akan terasa dibuat-buat sehingga akan memancing lebih banyak reaksi dan word of mouth positif dari audiens. Memilih influencer yang relevan membuat promosi produk brand lebih organik.

Kesimpulan

Ilmu bisa berasal dari mana saja ya, #HaloKawan, sampai serial Netflix pun kita bisa ambil hikmahnya. Dari drakor “Celebrity”, kita bisa belajar tentang peran influencer yang bermanfaat untuk brand awareness dan conversion!

Bila artikel ini bermanfaat, jangan segan bagikan kepada sesamamu ya! Kalau kamu ingin selalu update tentang brand news, marketing tips, dan social media update, ikuti terus HalokaTalks!

Penulis: Gracia Yolanda Putri

Penyunting: Deborah Patricia

Sumber:

  • What Is An Influencer? Everything You Need To Know, https://www.nfi.edu/what-is-an-influencer/
  • Social Media Influencers - 7 Things You Should Know Before Becoming an Influencer, https://oneagendainc.com/blog/social-media-influencers-7-things-you-should-know-before-becoming-an-influencer
  • Drakor "Celebrity" Jadi Serial Netflix Non-Bahasa Inggris Terpopuler Global Awal Juli 2023 (Juli 2023), https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2023/07/14/drakor-celebrity-jadi-serial-netflix-non-bahasa-inggris-terpopuler-global-awal-juli-2023
  • Fakta Menarik Serial Terbaru Netflix “Celebrity” (Juli 2023), https://www.kompas.com/tren/read/2023/07/17/102213265/fakta-menarik-serial-terbaru-netflix-celebrity?page=all
  • Everything You Need to Know About Influencer Marketing (Mei 2022), https://www.drip.com/blog/influencer-marketing
  • 31 Influencer Marketing Stats to Know in 2023 (Januari 2023), https://blog.hubspot.com/marketing/influencer-marketing-stats#:~:text=Influencer%20Marketing%20Effectiveness,-7.&text=50%25%20of%20Millennials%20trust%20product,an%20effective%20form%20of%20marketing.
  • Followers’ reactions to influencers’ Instagram posts (Februari 2020), https://www.emerald.com/insight/content/doi/10.1108/SJME-11-2019-0100/full/html#:~:text=For%20influencers%2C%20their%20number%20of,disseminated%20among%20the%20target%20audience.