Apakah #HaloKawan memiliki brand favorit yang rilis produknya selalu kamu tunggu? Harus bisa mendapatkan produk terbaru keluaran brand tertentu nih. Berarti, #HaloKawan sedang mengekspresikan brand loyalty!

Mengusahakan brand loyalty bisa lebih murah daripada membuat campaign marketing untuk menjangkau customer baru, lho!

Penasaran akan pentingnya brand loyalty serta cara meningkatkannya untuk bisnis kamu? Simak selengkapnya di bawah ini ya!

Pengertian dan Contoh Brand Loyalty

Brand loyalty adalah tingkat kesukaan, dedikasi, komitmen customer kepada sebuah brand. Ketika seorang customer loyal kepada brand, mereka akan menjadi repeat customer dan rela mengadvokasi brand untuk sesama. Customer loyal begitu percaya dengan brand hingga mereka mau membeli produk brand tersebut tak peduli berapa harganya.

Contoh nyatanya adalah Apple. Customer yang loyal kepada brand Apple akan mengusahakan semua gadget yang ia miliki bermerk Apple. Tak akan sekalipun tiba-tiba ia ingin membeli gadget brand lain. Saat iPhone mengeluarkan edisi terbaru, customer loyal Apple akan berusaha untuk membeli keluaran terbarunya.

Seseorang yang loyal kepada sebuah brand mempersepsikan brand tersebut superior daripada lainnya tergantung preferensi personal saja. Loyalitas customer kepada brand sepenuhnya dipengaruhi oleh emosi.

Berbeda dengan customer loyalty yang didasari pada keuntungan keuangan (customer loyal karena promo dan diskon), brand loyalty adalah loyalitas customer yang dibangun atas dasar image dan pengalaman customer dengan brand.

Baca Juga: Brand Belonging: Potensi Hasrat Manusia yang Belum Dimanfaatkan!

4 Alasan Mengapa Brand Loyalty Penting untuk Bisnis

Pentingnya brand loyalty untuk bisnis.
Sumber: Pexels

1. Meningkatkan penjualan

Nyatanya, brand kamu bisa meningkatkan penjualan cuma dari customer lama yang sudah loyal, lho! Karena, customer lama dan loyal 90% lebih sering membeli barang daripada customer baru (Investopedia).

Customer dengan brand loyalty yang kuat punya retention rate yang lebih tinggi, sehingga brand bisa bertumbuh dari customer yang bertahan. Sebaliknya, brand yang bertumbuh akan mendorong brand loyalty lebih kuat lagi, sehingga siklus keuntungan ini tidak akan habis.

2. Brand loyalty menghemat biaya marketing

Melanjutkan poin sebelumnya, customer loyal yang melakukan repeat purchase tak hanya meningkatkan pendapatan dan keuntungan, tetapi juga membuat brand tak perlu menghabiskan uang banyak untuk bersusah payah mempersuasi customer baru untuk konversi.

Baca Juga: Lenovo Indonesia: Membangkitkan Loyalitas Komunitas dengan Giveaway

3. Mendapat insight untuk berinovasi

Punya konsumen yang loyal jadi aset berharga. Selain meningkatkan penjualan, mereka juga tidak akan segan memberikan insight dan feedback untuk produk #HaloKawan.

Brand bisa bertanya feedback produk kepada komunitas konsumen yang sudah dimiliki di media sosial, atau membagikan survey, bahkan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) untuk menanyakan tanggapan mereka.

4. Menjangkau customer baru

Mengutip Yotpo, sekitar 59,3% konsumen loyal rela merekomendasikan produk dari brand yang mereka sukai kepada teman dan keluarga.

Secara tidak langsung, konsumen yang loyal kepada brand akan menarik customer baru. Mereka menjadi advokat yang mengenalkan brand kepada sesama secara sukarela.

Makanya, jangan ragu sama kekuatan dari brand loyalty, #HaloKawan!

5 Cara Meningkatkan Brand Loyalty

Dari paparan definisi dan manfaat brand loyalty di atas, #HaloKawan ingin tahu tidak nih bagaimana caranya meningkatkan brand loyalty? MinKa sudah merangkumnya di bawah ini!

Cara meningkatkan brand loyalty.
Sumber: Unsplash

1. Ciptakan komunitas online

Menciptakan tempat di mana brand dapat berinteraksi dengan customer, serta customer dapat berinteraksi dengan satu sama lain dapat mendorong petumbuhan brand loyalty.

Hadirnya media sosial dapat memfasilitasi kebutuhan interaksi ini, serta dapat menjembatani customer journey untuk konversi secara online.

Pakai komunitas online kamu untuk memberikan berita, update tentang produk, akses pre-sale dan masih banyak lagi.

#HaloKawan juga bisa membuat tagar khusus brand kamu yang bisa dipakai secara organik oleh customer loyal, sehingga brand-mu dapat ditemukan dengan audiens baru di media sosial.

2. Punya produk yang berkualitas tinggi

Sebesar apapun budget marketing kamu untuk mempromosikan produk, customer tidak akan loyal kepada brand yang produknya kurang berkualitas. 74% konsumen bilang bahwa kualitas produk adalah alasan utama mereka loyal kepada brand.

Produk yang berkualitas adalah produk yang memberikan solusi dari pain points yang dialami konsumennya, serta memenuhi ekspektasi mereka.

Dengarkan keluhan, identifikasi kebutuhan dan ekspektasi customer kamu, lalu implementasikan ke pengembangan produk terbaru brand kamu.

Ketika brand mementingkan kualitas produk sebelum yang lainnya, customer tak akan punya alasan untuk berpaling ke produk lain.

3. Tingkatkan customer experience

Mengutip ProProfs Survey, 90% konsumen berpendapat bahwa keputusan mereka membeli produk dari sebuah brand dipengaruhi oleh keseluruhan pengalaman konsumen bersama brand tersebut.

Oleh karena itu, #HaloKawan perlu meningkatkan pengalaman pada semua touch point atau interaksi dalam customer journey agar dapat meningkatkan kepuasan keseluruhan customer experience.

Pastikan customer punya pengalaman yang memuaskan dengan brand kamu setelah mereka konversi. Misalnya, layanan 24 jam chat customer service, serta membalas direct message dan mention di media sosial. Utamakan kualitas dan kecepatan customer service kamu agar customer bisa menjadi loyal!

Baca Juga: Customer Journey, Kunci Meningkatkan Customer Experience!

4. Bercerita dan terbuka di media sosial

Media sosial memberikan brand kesempatan untuk menunjukkan kepribadian brand sesungguhnya, lebih dari apa yang biasanya dilihat di iklan.

#HaloKawan bisa menunjukkan behind the scenes brand kamu lewat Story, Q&A, atau live stream. Dari mulai berbagai staff yang bekerja di balik brand, cuplikan produk yang sedang dirancang, sampai curhat tentang tantangan yang dialami brand, dan lain sebagainya.

Brand yang terlihat semakin “real” di media sosial akan menghasilkan koneksi yang kuat  dengan audiens-nya, sehingga menumbuhkan brand loyalty.

5. Luncurkan customer-loyalty program

Menurut Loyalty Barometer Report 2021, 81% responden menganggap reward atau hadiah sebagai hal yang penting karena membuat customer merasa dihargai atas kesetiaan mereka kepada brand.

Loyalty program bisa sangat membantu untuk brand yang memiliki pricing premium. Tawarkan diskon untuk para anggota loyalty program dapat mendorong customer untuk memilih produk brand kamu daripada pilihan lainnya yang lebih murah.

#HaloKawan juga bisa mencoba memberlakukan sistem point reward, di mana customer mendapatkan poin setiap mereka berbelanja. Semakin banyak poin, customer memiliki lebih banyak peluang untuk mendapatkan reward. Hal ini bisa mendorong customer untuk berbelanja lebih banyak dan menjadi loyal.

Kesimpulan

Jadi, brand loyalty adalah tingkat kesukaan, komitmen, dan dedikasi customer terhadap sebuah brand yang membuat mereka melakukan repeat purchase, sehingga brand tidak perlu susah payah menghabiskan budget marketing untuk mencari customer baru lagi!

Bila artikel ini bermanfaat untuk #HaloKawan, jangan lupa bagikan kepada sesama kamu ya! Kalau kamu ingin terus update tentang brand news, marketing tips, dan social media updates, jangan lupa untuk ikuti terus HalokaTalks!


Penulis: Dimas Prasetyo

Penyunting: Gracia Yolanda Putri

Sumber:

  • The Importance Of Brand Loyalty To Commodity Product Or Service Businesses (Oktober 2022), https://www.forbes.com/sites/forbescommunicationscouncil/2022/10/25/the-importance-of-brand-loyalty-to-commodity-product-or-service-businesses/?sh=290f3a7db4ae
  • Brand Loyalty: What It Is, and How to Build It (Januari 2023). https://www.investopedia.com/terms/b/brand-loyalty.asp#toc-what-is-brand-loyalty
  • Measuring Customer Loyalty: 12 Proven Metrics (Mei 2023), https://www.proprofssurvey.com/blog/customer-loyalty-metrics/
  • Brand Loyalty: What It Is, Why It Matters, & How to Build It (Juni 2022), https://terakeet.com/blog/brand-loyalty/
  • Loyal Shoppers Go the Extra Mile (2022), https://www.yotpo.com/the-state-of-brand-loyalty-2022/loyal-shoppers-go-the-extra-mile/
  • 2021 Loyalty Barometer Report,  https://www.merkle.com/thought-leadership/white-papers/2021-loyalty-barometer-report
  • Earning (and Destroying Customer Loyalty: Retail CX Trends You Need to Know, https://inmoment.com/blog/earning-and-destroying-customer-loyalty-retail-cx-trends-you-need-to-know/
  • 5 Ways to Build Highly Valuable Brand Loyalty (Agustus 2021), https://www.entrepreneur.com/growing-a-business/5-ways-to-build-highly-valuable-brand-loyalty/379641