#HaloKawan pernah enggak nih membeli suatu barang atau produk hanya karena melihat atau mendengar review dari seorang selebgram atau selebriti? Kelihatannya di zaman-zaman seperti ini sering terjadi hal semacam ini, ya. Konsumen cenderung membeli suatu produk dengan melihat review dari seseorang yang dianggap expert di bidang tersebut. Ketika suatu produk dinilai memiliki review yang baik di pasaran maka akan berdampak positif untuk meningkatkan penjualan produk.

Dalam dunia marketing, banyak perusahaan hingga brand bekerja sama dengan orang-orang yang memiliki pengaruh besar yang bisa memberikan dampak positif untuk kemajuan perusahaan atau brand tersebut. Orang-orang ini biasanya disebut sebagai KOL atau Key Opinion Leader. #HaloKawan pastinya sudah tidak asing lagi mendengar KOL ini ya?

Namun masih banyak lho yang belum mengenal dengan istilah KOL ini. Yuk sini Minka kasih informasinya untuk menambah wawasan #HaloKawan, jangan sampai di skip ya!

Apa itu Key Opinion Leader (KOL) ?

Key Opinion Leader atau biasa disingkat KOL adalah orang-orang terpercaya yang memiliki pengaruh yang besar dengan kredibilitas dan kapasitas untuk mempengaruhi audiensnya. KOL dengan keahlian di bidangnya akan dapat dengan mudah untuk mempengaruhi audiensnya, contohnya: selebriti, pengusaha, tokoh masyarakat, dan masih banyak lagi. KOL juga memiliki target audiens tersendiri yang berhubungan dengan keahlian KOL tersebut. Contohnya, KOL dalam bidang kecantikan biasanya memiliki pengikut atau target audiens yang mencintai dunia kecantikan.

Setelah mengetahui pengertiannya, kira-kira bekerja sama dengan KOL itu penting atau enggak, ya? berdampak baik atau sebaliknya? Wah pastinya banyak banget pertanyaan-pertanyaan seperti ini yang ada dipikiran #HaloKawan ya, tenang aja untuk menjawab kegelisahan kamu, yuk simak penjelasan selanjutnya!

Mengapa KOL penting untuk bisnis?

Sebagai sosok yang dapat memengaruhi audiens, KOL dipercaya mampu menciptakan efek word of mouth, lho, #HaloKawan. Selain itu, penggunaan KOL juga berdampak baik untuk bisnis. Sini Minka spill alasannya.

1. Meningkatkan kesadaran merek atau brand awareness

KOL pada dasarnya sudah memiliki target audiens sendiri atau dengan kata lain sudah memiliki followers atau pengikut yang setia. Bekerjasama dengan KOL dapat membantu untuk meningkatkan brand awareness dari brand yang #HaloKawan miliki. Brand kamu akan lebih lebih mudah dikenal dan diingat oleh masyarakat luas, karena KOL yang #HaloKawan pilih memiliki audiens yang besar dan beragam.

2. Menjangkau target yang lebih luas

Memilih KOL yang tepat dan sesuai dengan nilai-nilai brand #HaloKawan akan berdampak baik untuk kemajuan brand. Kamu bisa mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas, sehingga brand-mu dikenal lebih banyak audiens, sehingga memiliki peluang untuk meningkatkan penjualan.

3. Membangun dan meningkatkan kepercayaan konsumen

Sebagai sosok yang memiliki kredibilitas tinggi, pendapat atau rekomendasi KOL terhadap suatu brand atau produk yang dipromosikannya akan lebih dipercaya. Pemilihan KOL yang tepat bisa membangun dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap brand #HaloKawan. Poin ketiga ini sangat penting, lho, #HaloKawan. Apalagi akhir-akhir ini banyak konsumen yang membuat keputusan pembeliannya berdasarkan rekomendasi orang lain!

Sebagai business owner, #HaloKawan pastinya harus cermat dan menganalisis terlebih dahulu sebelum memutuskan bekerja sama dengan KOL agar hasilnya maksimal dan bisa membantu mencapai tujuan-tujuan dari #HaloKawan. Berikut 3 tips mudah dari MinKa untuk menentukan KOL yang tepat untuk bisnis kamu!

3 Tips mudah menentukan KOL yang tepat untuk bisnis

1. Sesuaikan dengan brand value

Penting banget nih, #HaloKawan untuk bisa menemukan KOL yang sesuai dan tepat dengan brand kamu, baik mulai dari nilai, hingga target audiensnya. #HaloKawan perlu melakukan penelitian untuk memastikan KOL tersebut memiliki keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dengan brand #HaloKawan, karena hal ini akan membantu bagaimana produk #HaloKawan dikenal ke target audiens.

2. Cek latar belakang KOL

Poin penting lainnya yang tidak boleh di skip adalah memastikan KOL memiliki reputasi yang baik. #HaloKawan dapat melakukan pemeriksaan latar belakang KOL dengan googling atau bertanya pada orang lain. Pasalnya, reputasi KOL yang buruk dapat mempengaruhi brand #HaloKawan. Jadi pastikan #HaloKawan memilih dengan cermat, ya!

Baca Juga: Menggunakan Social Blade untuk Menganalisis Performa KOL di Media Sosial

3. Periksa followers dan engagement rate KOL

Tips terakhir, #HaloKawan perlu untuk mengecek berapa followers dan seberapa tinggi engagement rate yang dimiliki KOL. Informasi ini akan berguna untuk menganalisis sejauh mana pesan yang disampaikan KOL berpengaruh kepada audiensnya.

Nah, itu dia informasi seputar KOL Marketing! Bagaimana, nih, #HaloKawan? Semoga informasi yang MinKa sampaikan bisa bermanfaat, ya! Jika #HaloKawan mau up-to-date dengan berita dan isu terbaru terkait branding, marketing, dan sosial media yang bakal bermanfaat banget untuk bisnis kamu, silakan baca artikel lainnya di bawah atau follow Instagram kami!


Written by: Catherine Presilia Gunawan

Source:

  1. What is KOL Marketing and How Can it Benefit You?
  2. What Are KOLs? Why You Need Key Opinion Leaders in Your Marketing Strategy
  3. What Are Key Opinion Leaders (KOL) and How Can They Benefit Your Brand?