Setelah sekian lama berdebat tentang Apple iPhone atau Samsung Galaxy yang lebih bagus, kali ini Google Pixel menunjukkan kehebatan dirinya kepada para kompetitor lewat serial campaign yang bertajuk “Best Phones Forever”!

Pertama kali diumumkan di Cannes Lions 2023, campaign “Best Phones Forever” memperlihatkan dinamika persahabatan Apple iPhone dan Google Pixel yang dikemas dalam dialog seperti sitkom. Konsep ini bermula dari ide Google yang berpikir “apa yang terjadi jika 2 brand smartphone ini berhenti jadi kompetitor dan malah jadi teman?”

Google menunjukkan sisi kompetitif mereka dengan memberikan Pixel karakter yang optimis dengan segala kemampuan feature-nya. Sementara itu, iPhone digambarkan sebagai karakter yang ingin menjadi smartphone yang lebih baik seperti Pixel.

Keduanya diberikan dialog voice over monoton khas video TikTok dan ditempatkan dalam situasi-situasi dramatis yang bisa dialami smartphone. Misalnya, baterai yang tiba-tiba habis, Wi-Fi publik yang tidak aman, baterai habis saat bersantai di pantai, sampai kegiatan melihat bintang-bintang yang dikemas dalam nada kasual dan humoris.

Dari campaign ini, Google memperlihatkan bahwa Pixel memiliki feature yang lebih canggih daripada iPhone seperti kemampuan Astrophotography, Zoom 30x, fitur VPN bawaan Google, dan layar yang lebih besar dengan foldable phone. Penasaran seperti apa campaign-nya? MinKa kasih tunjuk video-video campaign-nya di bawah ini ya!

Serial global campaign "Best Phones Forever" oleh Google Pixel.

Campaign “Best Phones Forever” oleh Google Pixel ini merupakan bentuk dari competitive positioning, #HaloKawan! Competitive positioning adalah strategi marketing yang diupayakan untuk mendiferensiasikan sebuah brand dari kompetitornya.

Baca Juga: 5 Kesalahan Branding yang Menyebabkan Kegagalan Bisnis

Strategi marketing competitive positioning tentu memiliki tujuan untuk meningkatkan sales dengan cara menambah value produk ke dalam benak konsumen. Yuk kita bedah elemen-elemen competitive positioning dari campaign “Best Phones Forever”!

1. Memahami pasar produk

Google menyadari kalau pasar untuk smartphone Pixel ini besar dan saturated, apalagi dengan adanya Apple iPhone sebagai direct competitor. Oleh karena itu, Google paham betul harus membuat campaign yang menyadarkan masyarakat kalau Google Pixel juga bisa diadu dengan Apple iPhone!

2. Memahami yang diinginkan audiens

Target audience untuk smartphone tentunya sangat besar. Google sadar dengan banyaknya iklan smartphone yang sangat profesional dengan beragam stock shot, Google harus membawa perspektif yang baru dalam memperkenalkan fitur Pixel.

Dialog antara Pixel dan iPhone dibuat dengan bahasa yang ringan, penuh chemistry, dan relate dengan masa sekarang, contohnya seperti “Don’t you die on me, iPhone!” atau “Do we have flying cars yet?” Dialog-dialog lucu seperti ini diselipkan antara pengenalan fitur-fitur yang ada, sehingga audiens dapat mengingatnya dengan baik.

Dialog Ringan “Best Phones Forever”
Sumber: Twitter.com/GooglePixel_US

3. Follow up campaign

Tak sampai peluncuran video saja, akun Twitter Google Pixel juga lanjut membalaskan beragam reaksi positif dan negatif dari audiens dengan nada yang friendly sesuai tema campaign “Best Phones Forever”.

Berulang kali audiens membalas bahwa mereka akan tetap pakai iPhone, tapi Google Pixel tetap ramah dengan nada, “tidak apa-apa membawa teman!”. Respons ini membawa kesan bahwa Google Pixel tidak takut untuk berhadapan dengan kompetitor iPhone lewat attitude yang friendly.

Respons Google Pixel di Twitter.

4. Meningkatkan nilai produk

Lewat “Best Phones Forever”, Google berhasil meningkatkan nilai/value produk dengan memperkenalkan fitur-fitur yang ada pada Pixel dengan story telling yang humoris. Google Pixel kini bisa berdampingan dengan Apple iPhone ketika konsumen mempertimbangkan untuk membeli smartphone.

Langkah follow up di media sosial dengan pendekatan yang friendly, selaras dengan tone campaign, juga membuat audiens tertarik untuk semakin mencoba Google Pixel dan mengumpulkan konsumen loyal yang sudah pernah memakai Pixel sebelumnya.

Jadi bagaimana, #HaloKawan? Tertarik membeli Google Pixel karena campaign “Best Phones Forever”? Kalau pembahasan tentang competitive positioning ini bermanfaat buat kamu, jangan lupa bagikan kepada teman yang membutuhkan juga ya!

Kalau kamu mau update terus dengan isu brand news, marketing tips, dan social media update, jangan lupa untuk ikuti terus HalokaTalks ya!


Penulis: Gracia Yolanda Putri

Penyunting: Stephanie Regina, Deborah Patricia

Sumber: