Akhir-akhir ini, banyak brand yang memiliki strategi marketing berkolaborasi dengan K-pop idols. Mulai dari brand di industri elektronik, make up dan skin care, sampai dengan makanan dan minuman. Fenomena K-pop sangatlah besar sekarang ini. Dengan kualitas musik dan video yang apik, K-pop menyasar banyak kalangan pendengar terutama anak muda.

Buat #HaloKawan yang suka dengan K-pop mungkin sudah mendengar dan tahu tentang kolaborasi antara K-pop idol wanita teranyar, New Jeans yang berkolaborasi dengan Coca Cola dalam lagu berjudul ‘Zero’. Dalam kampanye ini, produk yang diangkat adalah Coca Cola Zero dan menyasar pangsa pasar Korea Selatan.

Sampai dengan saat ini, video musik Zero sudah ditonton lebih dari 10 juta kali di YouTube. Adapun sebelum kolaborasi yang dilakukan oleh Coca Cola dan New Jeans ini, beberapa Kpop idol lain pun sudah pernah berkolaborasi untuk produk minuman soda ini, antara lain BTS dan TRI.BE. Apa sih insight yang #HaloKawan dapetin dari campaign Coca Cola ini yang berkolaborasi dengan Kpop idol?

Memperluas Pasar

New Jeans dan Kpop idol lain yang berkolaborasi dengan Coca Cola ditargetkan untuk dapat menyasar pasar anak muda. Dengan membuat musik video yang kekinian serta musik up beat, akan masuk anak-anak muda yang membuat mereka mencari tahu lebih lanjut tentang Coca Cola. Hal ini pun sejalan dengan misi Coca Cola untuk menyegarkan, menginspirasi, dan membawa kebahagiaan kepada konsumennya dan dengan campaign lagu yang dibuat, nilai-nilai tersebut dapat tersampaikan.

Baca Juga : Celebrity Endorsement yang Tepat Ala BCA Mobile

Dari hal tersebut, #HaloKawan dapat juga membuat strategi yang sama di mana #HaloKawan dapat berkolaborasi dengan artis, influencer, KOL, dan sejenisnya dengan visi dan misi sejalan yang dapat memperluas rentang konsumen dari brand #HaloKawan.

Memperkuat Brand Recognition

Setiap brand tentunya akan selalu membuat iklan atau campaign yang menarik, kreatif, serta up to date dengan perkembangan zaman serta dapat memperkuat brand recognition dalam pikiran konsumen. Itulah juga hal yang dilakukan oleh Coca Cola. Walaupun brand serta produk Coca Cola sudah sangat dikenal, mereka tetap membuat iklan atau campaign yang up to date dengan tren yang ada.

Orang-orang yang sebelumnya sudah tahu akan kembali teringat ke brand Coca Cola, sedangkan yang belum pernah mendengar akan menjadi tahu karena iklan atau campaign yang dibuat. Dari sini, #HaloKawan sebagai pemilik brand harus terus melakukan iklan atau campaign yang menarik, kreatif, dan up to date untuk mendapatkan brand recognition dari konsumen.

Tren Kpop yang Mendunia

Tak dapat dipungkiri saat ini kpop sudah merebak dan sangat populer di seluruh dunia. Kolaborasi brand dengan Kpop idol pun sudah banyak dilakukan tak hanya di industri makanan dan minuman. Dengan banyaknya fans untuk masing-masing Kpop idol, hal ini dapat membawa keuntungan bagi brand collaborator seperti yang dijelaskan sebelumnya yaitu memperluas pasar, menyentuh target market dengan rentang usia yang lebih lebar, serta memperlihatkan brand yang tidak kuno.

Semoga konten ini bisa bermanfaat buat #HaloKawan dan kedepannya MinKa pasti akan selalu ngasih banyak info-info bermanfaat lainnya seputar Brand News, Marketing Tips, dan Social Media Updates. Terakhir, #HaloKawan jangan lupa untuk share tulisan ini ke temen-temen yang lain ya! 😉

Menarik bukan bahasan kali ini. MinKa punya sesuatu yang gak kalah menarik nih. #HaloKawan bisa banget nyari tahu lebih dalam tentang gimana membangun branding fundamental dalam brand rintisan #HaloKawan dengan klik dan enroll materi Branding Fundamental for SMEs di sini ya!


Written by : Indra Kurniawan

Source:

  1. https://www.sakshipost.com/news/lifestyle/amazing-working-k-pop-band-tribe-cokes-music-video-allu-arjun-160015
  2. https://www.marketing-interactive.com/coca-cola-rides-on-the-k-pop-wave-shortly-after-pepsi-with-new-spot
  3. https://bestmediainfo.com/2022/10/indepth-are-kpop-collaborations-really-going-to-be-the-next-big-thing-for-brands
  4. https://nextshark.com/newjeans-coca-cola-collaboration-zero
  5. https://www.thedrum.com/news/2020/08/06/k-pop-collabs-how-brands-are-buying-one-south-korea-s-greatest-export
  6. https://www.campaignasia.com/article/k-pop-groups-the-next-great-brand-collaboration/472668
  7. https://startuptalky.com/coca-colas-marketing-strategy-campaigns/