Akhirnya, kedua pejuang FYP TikTok bersatu. Ya! Optika Lunett dan Tenue de Attire berkolaborasi dan menyumbang gelak tawa untuk #HaloKawan nih. Kalau kemarin MinKa sudah membahas tentang mengapa konten-konten Optika Lunett selalu masuk FYP, kali ini kita akan membahas tentang kolaborasi kedua brand ini yang meningkatkan presence untuk mereka.

Baca Juga: Optika Lunett: Kok Bisa Hembusan Nafas Aja Masuk FYP?

Social media collaboration merupakan kolaborasi antara dua brand dengan merencanakan strategi yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, khususnya untuk meningkatkan digital marketing presence.

Seperti yang kita tahu sebelumnya, Optika Lunett dan Tenue de Attire sama-sama sering muncul di FYP Tiktok dengan konten yang konsisten, relevan untuk audiens, dan memiliki personality. Jika Mbak Optika Lunett mempertahankan personality-nya sebagai pekerja ibukota dengan pengalaman berkereta, Mas Tenue de Attire memiliki konten relevan meniru gaya pakaian seseorang dengan stereotipe tertentu.

Sejak keduanya mengunggah video kolaborasi pada masing-masing akun TikTok pada Rabu 22 Maret 2023, Tenue de Attire dan Optika Lunett sama-sama mendapatkan engagement yang setara yakni 49,2 ribu likes dan 679 komentar pada akun Tenue de Attire, dan 48,6k likes dengan 652 komentar pada akun Optika Lunett.

@optikalunett_official

Lumayan hemat kuota tp dia kok dapet sinyal ya? Provider apan tu mantep juga🤣🙏🏻 #optikalunett #ceritalunett #corporatelife #worktok #budakcorporate #corporatetiktok

♬ Mio Mao la la la la la - 🦇
Sumber: TikTok/optikalunett_official

Walaupun belum lama diunggah, kolaborasi kampanye keduanya bisa dibilang menguntungkan digital marketing presence satu sama lain ya #HaloKawan. Berikut beberapa poin yang dapat dipelajari dari kolaborasi mereka!

1. Partner kolaborasi yang tepat

Kedua brand tentunya memiliki objektif untuk mendapatkan potential customer baru.Pemilihan partner yang tepat menjadi penting agar dapat bertemu dengan konsumen baru yang akan peduli dengan produk atau jasa yang ditawarkan.

Optika Lunett menawarkan produk lensa optik dengan berbagai gaya, serta Tenue de Attire menawarkan produk pakaian. Meski keduanya berada dalam ranah fesyen, mereka bukan kompetitor. Malah, baju Tenue de Attire bisa dilengkapi dengan aksesoris kacamata dari Optika Lunett. Oleh karena itu, kedua brand merupakan partner yang cocok.

2. Tetap mempertahankan rasa percaya dengan audiens

Membangun audiens sebuah brand tidaklah mudah. Dalam satu titik, sebuah brand bisa menemukan formula konten yang mengundang banyak traffic dan engagement. Oleh karena itu, memilih partner berkolaborasi harus hati-hari dengan nilai-nilai dan integritas yang mirip.

Sebelumnya, Optika Lunett dan Tenue de Attire sudah sama-sama bekerja keras untuk membangun audiens di TikTok melalui konten lucu mereka. Konten yang selalu masuk FYP membuktikan bahwa masing-masing audiens telah percaya untuk menghibur mereka sehari-hari. Dengan value yang mirip dan terbukti impact mereka sebelumnya, masuk akal agar kedua brand ini berkolaborasi dan tetap menjaga rasa percaya dengan audiens dengan mengunggah konten yang menghibur.

3. Ekspektasi dan deadline jelas

Menjaga ekspektasi dan tenggat waktu yang jelas menjadi penting ketika dua brand saling berkolaborasi. Menentukan kesepakatan jenis dan format konten, hari unggah, sampai strategi marketing memastikan jalannya kolaborasi tetap profesional.

Dalam hal ini, Optika Lunett dan Tenue de Attire sama-sama sepakat mengunggah konten pada Rabu, 22 Maret 2022 di TikTok, dengan topik pengalaman pekerja kantor berkereta.

4. Membuat konten yang memulai diskusi antar audiens

Optika Lunett dan Tenue de Attire tetap menjaga konten kolaborasi mereka tetap relevan dan menghibur untuk target audiens. Ketika masing-masing mereka sudah sering mendapatkan engagement yang tinggi, gabungan keduanya memunculkan diskusi antar audiens yang lebih besar terhadap konten mereka yang menghibur.

5. Mengikuti panduan konten yang sudah ada

@tenuedeattire

OKAY WE HEAR YOU 🙏🏻 #krl #commuter #commuterline #optikalunett #tenuedeattire #collab

♬ original sound - Tenue De Attire - Tenue De Attire
Sumber: TikTok/tenuedeattire

Tetap mengikuti panduan konten yang sudah ada menjadi penting untuk menjaga personalisasi brand tersebut.

Berdasarkan observasi, Tenue de Attire memiliki panduan konten yang prominen dengan font putih di tengah video, latar dalam ruangan dengan tembok putih dan beberapa poster, serta Mas Tenue de Attire yang selalu masuk dari kiri di awal video.

Sementara itu, panduan konten Optika Lunett berupa font hitam dengan latar putih di atas video, background Commuter Line, dan Mbak Optika Lunett yang selalu memakai kacamata. Kedua brand ini tetap mengikuti panduan konten mereka saat berkolaborasi agar dapat dibedakan dan tetap terasa personal.

#HaloKawan, kolaborasi terbukti dapat meningkatkan digital marketing presence, asal dibarengi dengan profesionalitas dan tujuan objektif yang ingin dicapai. Bila artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk bagikan ke temanmu ya!

Kalau #HaloKawan tidak mau ketinggal soal brand news, marketing tips, dan social media update, jangan lupa untuk ikuti terus HalokaTalks!


Sumber: