Apa yang membuat sebuah bisnis menjadi sukses dan besar? Modalnya atau karena relasi dari pebisnis?

Saat ini, bisnis bergerak sangat dinamis bahkan tidak lagi perlu memikirkan membuka toko lagi, karena semuanya sudah serba digital atau online. Meskipun berjualan sudah semakin praktis, ada tantangan lain yang harus dilewati agar bisnis mampu bersaing, yaitu bagaimana cara memperkenalkan produk kepada konsumen.

Dengan cara apa? Promosi atau kasih diskon, ah itu sudah usang. Kini saatnya #HaloKawan membuat strategi marketing dengan content marketing agar konsumen sadar dengan keberadaan produk atau bisnis #HaloKawan, istilahnya dalam marketing disebut dengan brand awareness.

Pengertian Brand Awareness dan Content Marketing

Source: pexels.com
Source: pexels.com

Menurut investopedia.com, Brand awareness adalah strategi pemasaran yang mengukur sejauh mana konsumen mengenali produk dan bisnis. Idealnya brand awareness mencakup persepsi positif terhadap kualitas produk yang membedakan dari kompetitor.

Dilansir dari contentmarketinginstitute.com Content marketing adalah konsep pendekatan kepada konsumen yang berfokus pada strategi distribusi konten yang relevan, menarik dan konsisten sehingga mendorong tindakan konsumen yang menguntungkan.

Content is the king. #HaloKawan pernah dengar istilah tersebut? Pada era media sosial ini konten telah menjadi senjata utama dalam strategi pemasaran dan serta menjadi alat komunikasi terpenting bagi bisnis untuk berinteraksi dengan konsumen.

Manfaat Content Marketing Bagi Perkembangan Bisnis

Source: pexels.com
Source: pexels.com

Selanjutnya Minka kasih tahu manfaat dari content marketing dalam menumbuhkan brand awareness pada bisnis.

  • Meningkatkan followers di media sosial
  • Menaikkan traffic pada website
  • Menjangkau konsumen lebih luas
  • Membangun kepercayaan terhadap konsumen

Content marketing adalah strategi "pdkt" dengan konsumen agar mereka betah, membangun hubungan yang lebih dekat dan mempercayai suatu bisnis.

Di bawah ini adalah langkah-langkah untuk meningkatkan brand awareness lewat content marketing. Yuk simak!

Langkah Membangun Brand Awareness lewat Content Marketing

Source: https://unsplash.com/@kaleidico?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText
Source: https://unsplash.com/@kaleidico?utm_source=unsplash&utm_medium=referral&utm_content=creditCopyText

1. Identifikasi target konsumen

Mengidentifikasi siapa target konsumen merupakan langkah awal dalam membangun strategi content marketing, konsumen yang tepat dan sesuai memudahkan suatu bisnis dikenali oleh konsumen dan konten yang terbuat tidak akan sia-sia.

Salah satu cara sederhana dalam identifikasi target konsumen adalah dengan melakukan survey online, tanpa mengenalkan brand atau bisnis terlebih dahulu, seperti menanyakan usia mereka, bagaimana mereka melihat suatu brand atau bisnis, mengapa mereka memutuskan untuk membeli suatu produk, apa yang membuat mereka tidak lagi membeli pada suatu brand dan lainnya.

Nah dari situ, saatnya #halokawan mulai membuat konten yang relevan dan menjadi solusi atas permasalahan masalah mereka. Konten tersebut bisa menjadi jembatan komunikasi serta merebut hati konsumen.

2. Temukan unique selling point

Setelah #halokawan sudah menemukan target yang tepat, kini bisnis harus menemukan unique selling point.

Dikutip techtarget.com, Unique selling point adalah keunikan atau perbedaan dari suatu bisnis dengan bisnis lainnya, misalnya, pertama di Indonesia atau memiliki kualitas dunia dan lainnya.

Mempunyai keunikan membuat konsumen lebih mudah mengenali bisnis dan secara tidak langsung akan menciptakan ciri khas yang berbeda dari kompetitor.

3. Gabung komunitas dan kolaborasi

Berjejaring dan kolaborasi dengan komunitas dapat meningkatkan brand awareness, karena dapat menciptakan sesuatu yang baru, menemukan insight untuk mengembangkan kebutuhan peningkatan bisnis bahkan melahirkan word of mouth marketing yang sangat menguntungkan bagi bisnis.

#Halokawan bisa mencoba bergabung dengan komunitas di grup Facebook, bekerja sama di suatu event atau kolaborasi lewat live Instagram, membuat podcast dengan pemilik bisnis lain dan masih banyak lainnya.

Hal tersebut perlahan membuat brand awareness semakin meningkat dan mampu menjangkau konsumen lebih banyak.

4. Tentukan jenis konten

Langkah selanjutnya adalah membuat strategi konten. Nih Minka kasih tahu jenis-jenis konten yang #halokawan bisa gunakan, seperti, video, artikel blog, podcast, tutorial, Infografis dan lain-lainnya.

Ketika sudah menemukan jenis konten apa yang tepat dan disukai oleh konsumen selanjutnya membuat konten dengan konsisten dan memperbaikinya agar konten menjadi lebih sempurna.

5. Pilih platform media sosial yang tepat

Apakah harus menggunakan semua platform media sosial? Eits tunggu dulu, analisa terlebih dulu dimana target konsumen paling menggunakan platform media sosial.

Apakah Facebook, Twitter, Instagram atau Tiktok. Setelah sudah menemukannya, kuatkan saja. Namun #halokawan tetap membuat konten di platform media sosial lainnya agar tetap mengikuti trend dan membantu menaikkan brand awareness.

6. Analisis konten

Ada beberapa tools yang bisa digunakan untuk menganalisis konten yang dapat memberikan insight, ide dan membantu meningkatkan strategi content marketing, seperti:

  • Google analytics
    Untuk melihat demografi dan behaviour konsumen.
  • Google search console
    Membantu kinerja kata kunci agar CTR atau rasio klik tayang meningkat.
  • Hootsuite
    Untuk merinci lebih mendalam pada engagement, impression serta melihat bagaimana perkembangan brand awareness pada media sosial.
  • Semrush
    Meriset keyword yang tepat dan menganalisis pesaing.

Suatu konten yang dibuat sangatlah berharga untuk pertumbuhan bisnis, karena sanggup menentukan bagaimana konsumen melihat, berinteraksi atau malah memilih pergi.

Oleh karena itu, ini pentingnya menerapkan strategi content marketing yang tepat agar brand awareness mampu tercipta yang kemudian akan berbanding lurus dengan naiknya pendapatan.

Follow juga media sosial halokatalks agar #HaloKawan tidak ketinggalan informasi kelasnya dan tetap update dengan trend digital marketing.

Jika #HaloKawan suka artikel ini jangan lupa share ya!


Written by: Dimas Prasetyo

Source:

  1. https://www.searchenginejournal.com/content-marketing-brand-awareness/430183/
  2. https://www.webfx.com/content-marketing/learn/how-to-use-content-marketing-to-increase-brand-awareness/
  3. https://www.investopedia.com/terms/b/brandawareness.asp
  4. https://contentmarketinginstitute.com/what-is-content-marketing/
  5. https://www.techtarget.com/whatis/definition/unique-selling-point-USP