Tren jualan di e-commerce semakin meningkat setiap harinya terlebih ketika masa pandemi COVID-19 beberapa tahun belakangan ini. Nggak hanya berjualan lewat e-commerce, saat ini #HaloKawan juga bisa berjualan melalui media sosial, salah satunya TikTok. Platform ini menyediakan dua fitur untuk belanja online yaitu TikTok Shop dan Live Streaming.

Kali ini Minka akan membahas tentang Live Streaming, fitur yang paling banyak digunakan untuk menjual produk.

Apa itu Live Streaming TikTok?

Live streaming TikTok adalah salah satu fitur yang ada di TikTok yang mana memungkinkan pengguna menyiarkan aktivitas yang sedang dilakukan secara langsung dalam waktu nyata pada aplikasi TikTok.

Syarat utama dari live streaming ini adalah mempunyai minimal 1.000 pengikut dan berusia diatas 16 tahun. Jika tidak memenuhi persyaratan tersebut, #HaloKawan tidak bisa melakukan live streaming.

Fitur ini dapat dijadikan salah satu strategi menawarkan pengguna untuk melihat produk yang dipamerkan oleh pembuat konten secara real time. Selain live streaming, TikTok juga dilengkapi berbagai fitur seperti fitur diantaranya:

  • Q&A, fitur tanya jawab agar audiens dapat mengirimkan pertanyaan selama live streaming.
  • Live Events, fitur yang disediakan untuk membuat siaran langsung, agar audiens dapat mengetahui waktu untuk melakukan live streaming.
  • Gifts, fitur yang berpotensi mendapatkan uang dari penonton live yakni melalui gift misalnya mawar, koin, paus dan masih banyak lagi. Kemudian gift yang diberikan dapat dikonversi menjadi rupiah.
  • Moderators, fitur yang dapat #HaloKawan gunakan untuk memilih pengguna Tik Tok sebagai pemandu live streaming.
  • Keyword Filters, Fitur ini berfungsi menyaring kata-kata tertentu dianggap mengganggu proses live streaming.

Meskipun kelihatannya mudah, live streaming untuk memasarkan produk perlu strategi khusus, lho.

1. Melakukan live streaming secara terus menerus

Lakukan live streaming TikTok minimal 3 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 2 jam per sesi. Selama melakukan live, jangan lupa memberikan penawaran promosi produk yang dipamerkan secara langsung.

2. Melakukan prepare maksimal sebelum live

#HaloKawan harus mempersiapkan live dengan matang agar live berjalan dengan lancar bisa dimulai dari persiapan pemilihan outfit yang akan dipakai, membuat script agar lebih terstruktur yang akan disampaikan, sampai dengan riset produk yang akan dijual.

3. Menciptakan interaksi dengan audiens

Dengan membangun interaksi yang seru dengan mengadakan giveaway, promo, atau flash sale selama siaran langsung. Hal ini bertujuan menarik lebih banyak audiens agar bergabung dengan siaran langsung di TikTok.

4. Collab bareng Influencer

Ini bertujuan untuk menjaring minat dari audiens baru serta membantu brand dalam meningkatkan interaksi dan engagement saat sedang melangsungkan live streaming.

Melalui live streaming TikTok pada 12 April 2023 lalu, brand baju daster Vinada menggandeng influencer atau konten kreator Fuji An.

Dengan kolaborasi yang dilakukan bersama Fuji An, Vinada mampu menjaring audiens sebanyak 60 ribu. Berdasarkan penuturan Founder Vinada yaitu Melvhina Husyanti, sejumlah produk Vinada telah sold out 10 ribu dalam waktu 90 menit saat live streaming berlangsung.

5. Memberikan review produk

Dengan melakukan review dan menunjukkan kelebihan atau kegunaan produk selama live streaming berlangsung.  Hal ini dinilai bahwa review produk menjadi salah satu konten yang cukup diminati oleh banyak audiens di TikTok.

Seperti yang sudah Minka bahas sebelumnya bahwa live streaming di TikTok kini dimanfaatkan oleh para penjual untuk memasarkan produknya secara online.

Hal ini tentu bukan tanpa alasan melainkan banyaknya manfaat yang dirasakan penjual utamanya dalam meningkatkan penjualannya.

  • Mudah berinteraksi, fitur streaming menayangkan aktivitas yang  lakukan saat ini secara langsung sehingga penjual akan lebih mudah berbicara dan menjawab pertanyaan dari setiap penontonnya.
  • Memudahkan proses penjualan, karena live streaming TikTok didukung dengan fitur keranjang kuning atau berfungsi sebagai etalase sehingga pembeli bisa mengetahui produk mana yang sedang penjual jelaskan dan di mana mereka bisa membelinya.
  • Meningkatkan Brand Awareness, ini akan mempengaruhi keinginan konsumen membeli produk yang ditawarkan penjual untuk pertama kalinya. Semakin brand kamu dikenal konsumen, semakin besar pula kemungkinan penjualan mengalami peningkatan.

itulah strategi dan manfaat Tik Tok live bisa #HaloKawan coba untuk meningkatkan penjualan maupun untuk meningkatkan engagement dengan audiens. Maka dari itu, maksimalkanlah kreativitas #HaloKawan dalam berjualan melalui TikTok Live Streaming. Bermanfaat? share artikel ini ke temen-temen yang lain ya!


Written by: Mona Lestari Utami

Source:

  1. https://dewabiz.com/manfaat-live-streaming-tiktok-untuk-tingkatkan-penjualan-bisnis/
  2. https://merchant.id/content/cara-melakukan-dan-menaikkan-penjualan-di-tiktok-live/
  3. https://nbrscorp.co.id/event/5-fitur-live-streaming-tiktok-viral-yang-patut-dicoba